Suicide Squad: Kumpulan Penjahat Penyelamat Kota

1

Oleh: Nurul Yunita

Sutradara         : David Ayer

Produser          : Charles Roven, Richard Sukle

Cerita               : David Ayer

Jenis Film        : action, fantasi, petualangan, komedi

Distributor       : Warner Bros Pictures

Pemeran       : Will Smith, Margot Robbie, Jared Leto, Jay Hernandez, Joel Kinnaman, Cara Develingne, Jai Courtney, Viola Davis, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Shailyn Pierre-Dixon, Common.

Tanggal Rilis    : 5 Agustus 2016

Durasi              : 123 menit

Bagaimana jadinya jika penjahat yang telah ditangkap Batman seperti Deadshot (Will Smith) dan Harley Quinn (Margot Robbie) atau si Captain Boomerang (Jai Courtney) yang ditangkap The Flash menjadi tim penyelamat sebuah kota? Ialah Amanda Waller (Viola Davis), ketua agen keamanan pemerintah Amerika yang merencanakan pembentukan tim keamanan versi baru untuk melindungi negaranya.

Dimula kekhawatiran adanya manusia super baru yang akan menghancurkan dunia karena dirasa telah kehilangan sosok pahlawan super yakni Superman yang diceritakan telah tewas pada film produksi Warner Bros sebelumnya. Maka dunia ini membutuhkan pahlawan ‘baru’ sebagai pelindung. Terbentuknya ‘Suicide Squad’ bermula dari sini. Amanda Waller, memiliki misi rahasia, mengumpulkan gembong penjahat dan memaksa mereka untuk tunduk dibawah kepemimpinan Waller.

Deadshot, pembunuh bayaran yang sangat keji, hanya memiliki satu kelemahan: putrinya. Deadshot, sosok ayah yang sangat menyayangi putrinya berhasil ditangkap oleh Batman karena satu alasan. Putrinya memohon padanya untuk menyerah pada Batman. Selanjutnya, Deadshot ditempatkan di sebuah penjara yang amat terpecil di daerah rawa Lousianna. Bersama Deadshot, ditempatkan pula Harley Quinn, kekasih Joker (Jared Leto); Captain Boomerang, pencuri berlian di seluruh Australia; Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje), sosok manusia setengah monster buaya; dan El Diablo (Jay Hernandez) si penjahat yang memiliki kekuatan api.

Waller kemudian menunjuk Rick Flag (Joel Kinnaman) menjadi ketua tim yang akan menangani Suicide Squad. Ide membuat tim pahlawan super versi baru oleh Waller ditentang oleh petinggi keamanan US lainnya. Namun, Waller berhasil meyakinkan para petinggi keamanan US dengan menunjukkan kemampuan June Moone (Cara Develingne) menjadi sosok Enchantress, penyihir berkemampuan luar biasa yang mampu memperkuat timnya.

June Moone, seorang arkeolog menemukan sebuah gua dan tidak sengaja membuka patung berisi arwah penyihir jahat, hingga June dirasuki Enchantress. Pada awalnya, Waller berpikir ia dapat mengendalikan Enchantress. Pasalnya, jantung Enchantress disimpan oleh Waller. Tanpa jantung itu, sang penyihir menjadi sosok yang lemah. Pada akhirnya Rick Flag menjadi penjaga sekaligus kekasih June, yang sewaktu-waktu dapat berubah menjadi Enchantress.

Meski June telah menolak untuk ikut menjalankan misi rahasia bersama Waller dan Flag, Waller tetap bersikukuh. Hingga malapetaka terjadi. Enchantress, diam-diam mendatangi rumah Waller dan mengambil patung yang berisi arwah saudaranya. Enchantress membebaskan arwah saudaranya sehingga merasuki manusia dan berubah menjadi sosok Monster T yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghancurkan dunia. Enchantress dan saudaranya berusaha menghancurkan dunia. Kehancuran dunia dimulai dengan kerusakan besar di kota tempat Waller tinggal. Suicide Squad dipersiapkan untuk misi rahasia, menyelamatkan satu-satunya orang yang tak boleh disentuh, yang berada di atap kantor di pusat kota.

Para anggota Suicide Squad dibebaskan untuk misi rahasia ini. Mereka dipaksa tunduk kepada Waller dengan iming-iming pengurangan masa hukuman. Namun, sebagaimana penjahat, permasalahan-permasalahan baru pun muncul. Hingga, misi rahasia mereka berubah menjadi misi yang lebih besar: menyelamatkan dunia dari Enchantress.

Selain itu, sang Joker (Jared Leto) yang  amat mencintai kekasihnya, dihadirkan dalam film ini. Di dalam film ini pula diceritakan awal mula kisah cinta The Joker dan Harley Quinn. Sosok Harley Quinn sebelum jatuh cinta pada sang Joker, serta sosok Joker dan Harley yang hidup normal tanpa ‘make up’ menjadi salah satu  kisah yang menunjang film ini. Sayangnya, di salah satu bagian film, dikisahkan kisah cinta tragis Joker dan Harley. Joker yang mencoba membebaskan Harley dengan Helikopter. Namun, helikopter yang ditumpangi keduanya di bom. Joker mendorong Harley, sehingga Harley terpental. Akankah Joker dan Harley selamat?

Film produksi Warner Bross dan DC Comics ini menjadi film yang layak ditonton, terutama bagi penggemar film action-comedy-adventure-crime dan penggemar DC Comics tentunya. Sebagai film yang diangkat dari serial komik, film ini menjadi benang merah pada serial DC Comics selanjutnya. Hal yang sedikit disayangkan, adegan laga di puncak penyelesaian film, slow motion terasa berlebihan dan terkesan terlalu drama.

Bagaimana pun, hadirnya sosok Harley Quinn, kekasih Joker menjadi sosok yang membuat penonton tertawa. Sosoknya yang ‘freak’ atau di dalam film disebut ‘sinting’ membuat penonton terhibur. Apalagi, sosok penjahat terkenal milik DC Comics, Mr. J atau The Joker (Jared Leto) turut hadir. Jared Leto dalam film ini berhasil memerankan sosok The Joker dengan sangat baik.

Tak hanya berkisah tentang kisah cinta, petualangan, atau penyelamatan kota. Film ini mengisahkan tentang arti pentingnya keluarga, persahabatan serta kasih sayang yang juga dimiliki oleh orang-orang yang berlabel penjahat. Deadshot rela mengorbankan nyawanya agar bila nanti ia harus mati, putrinya akan mengenangnya sebagai ayah penyelamatkan kota. El Diablo mengorbankan dirinya demi para sahabat Suicide Squad-nya, ia tidak ingin mengulangi kesalahannya lagi, setidaknya para sahabatnya tetap hidup. Hal yang tak bisa ia lakukan ketika membakar seluruh keluarganya. Film ini menyadarkan penonton bahwa orang yang berlabel penjahat pun, sebetulnya ingin hidup bahagia dan diberi kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik dari masa lalunya.[]

Comments

comments

Discussion1 Comment

  1. Pingback: Suicide Squad: Kumpulan Penjahat Penyelamat Kota | REMA UPI

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com