Dies Natalis Jadi Momen Introspeksi Diri UPI

0

Oleh: Mella Apriliani

Bumi Siliwangi, isolapos.com — “Tatkala kita mengevaluasi diri, sulitlah untuk menemukan kelemahan dan kekurangan kita,” begitu ujar Syihabuddin, Ketua Senat Akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di puncak acara Dies Natalis UPI ke-62 di Gedung Achmad Sanusi (20/10). Dia berkata bahwa Dies Natalis ini merupakan momen yang tepat untuk mengintrospeksi diri agar kualitas UPI semakin meningkat.

Lebih lanjut Syihabuddin menjelaskan bahwa dalam proses introspeksi tersebut terdapat tiga hal utama yaitu keberhasilan, kemenangan, dan kegagalan. Sementara indikator dari keberhasilan yang diraih UPI adalah dengan pengukuhan guru besar. Dimana para guru besar tersebut dituntut untuk menemukan konsep-konsep baru, “Teori mereka itu bersumber dari praktik dan diabdikan untuk meningkatkan kualitas praktik”, jelasnya.

Selanjutnya Syihabuddin mengatakan bahwa introspeksi akan mendatangkan kemenangan dengan syarat harus melalui proses bekerja. Menurutnya UPI harus tetap produktif dan terus bekerja meskipun sudah banyak pencapaian yang diraihnya jangan merasa cepat puas.

Indikator dari introspeksi yang selanjutnya adalah kegagalan. Syihabuddin, menerangkan bahwa dalam setiap proses pasti akan menemui kegagalan. Namun, dibalik kegagalan tersebut bila ingin berusaha keras akan mendatangkan kesuksesan. Dia berharap kegagalan yang pernah terjadi dapat dijadikan UPI untuk menjadi lebih baik. “Untuk apa menangisi masa lalu yang paling penting adalah merencakan sesuatu di masa yang akan datang”, tuturnya.

Di akhir sambutan, Syihabuddin mengajak seluruh civitas akademika UPI untuk bisa  menikmati pekerjaannya masing-masing dan menikmati hidup dengan penuh rasa bahagia. “Janganlah terlalu keras berpikir karena dunia ini sudah diatur oleh yang maha mengatur dan maha menentukan takdir”, tutup Syihabuddin. []

Redaktur: Prita K. Pribadi

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com