Korea Corner, Pojok Budaya Baru Perpustakaan UPI

0

Oleh: Alby Rizaldi Zaen

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Perpustakaan UPI tampak menghadirkan suasana baru dengan pojok budaya bernama Korea Corner. Budaya dari negara maju ini merupakan salah satu program kerjasama antara pihak UPI dengan Korea Cultural Center (KCC). Didirikannya pojok budaya ini tak lain untuk mendongkrak akreditasi Departemen Pendidikan Bahasa Korea, yang masih berakreditasi C hingga saat ini.

Menurut Didi Sukyadi, Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan dan Usaha menyebutkan bahwa sebelumnya Pemerintah Korea berusaha membantu pihak UPI, dengan mengirimkan tenaga dosen di Departemen Pendidikan Bahasa Korea. Kali ini, pihak Korea memberikan bantuan berupa pendirian Korea Corner. “Mereka juga ingin membantu kita dengan cara lain,” ujar Didi, Kamis (16/2) di ruang kerjanya.

Pihak UPI menyerahkan KCC untuk ikut mengelola Korea Corner. Hal ini disebabkan, ketidakmampuan Departemen Pendidikan Bahasa Korea untuk mengelola pendanaan secara independen. “Kan nanti UKT-nya makin banyak, bisa saja dari UKT itu ada salah satunya digunakan untuk pengelolaan Korea Cultural Center kalau sudah tidak dibantu oleh KCC di Jakarta,” tambahnya.

Selain pojok budaya Korea, Perpustakaan UPI juga pernah melakukan kerjasama serupa dengan membuka pojok budaya Prancis. Sementara, Korea Corner akan segera dibuka pada Jum’at (24/3). Fasilitas ini nantinya akan menyediakan buku, majalah dan video seputar budaya Korea. Hal itu guna untuk membaca ragam buku, berdiskusi dan mengerjakan tugas.[]

Redaktur: Prita K. Pribadi

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com