Beasiswa LPDP, Dukung Pendidikan di UPI Bandung

54

Oleh: Muhammad Zaki Annasyath

Bumi Siliwangi, isolapos.com-Salah satu misi dari beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yaitu ingin mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan. Guna memperluas wawasan mengenai beasiswa LPDP, BEM Rema UPI bekerja sama dengan  awardee UPI menyelenggarakan sosialisasi yang mengusung tema “Sebuah Kontribusi Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Hal tersebut diungkapkan Fitri Husni, Dirjen Kesejahteraan BEM Rema UPI, Kamis (08/03).

Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 16.00 WIB, dengan menghadirkan 2 pembicara. Wahyudi, Ketua Divisi Eksternal Komunitas LPDP UPI memulai pembicaraan mengenai gambaran umum beasiswa LPDP. Program layanan beasiswa LPDP sendiri mencakup  magister doktoral, spesialis kedokteran, tesis, disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa Presiden Republik Indonesia, dan beasiswa unggulan dosen Indonesia.

 “Terkhusus beasiswa afirmasi, sasaran penerimanya yaitu mahasiswa yang berasal dari daerah 3T (tertinggal, terdepan,dan terluar) atau pengabdian daerah 3T, alumni penerima beasiswa bidikmisi atau masyarakat miskin yang berprestasi,dan terakhir mahasiswa yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional” Ujar wahyudi di sela-sela diskusi

Selain gambaran umum mengenai beasiswa LPDP, pada sesi kedua, Rizki Nurul Hafni awardee LPDP membahas mengenai teknis beasiswa LPDP yang mencakup syarat dan alur seleksi. Adapun Informasi lebih lanjut dapat diakses di laman Facebook LPDP Kementerian Keuangan RI. Mengenai komponen pembiayaan beasiswa LPDP sendiri mencakup biaya persiapan studi, biaya pendidikan,dan biaya pendukung.

Hal berbeda yang ada di kegiatan sosialisasi kali ini ialah adanya diskusi kelompok di akhir kegiatan. Tujuan dibentuknya diskusi kelompok ini yaitu untuk memperdalam pemahaman terhadap teknis penyelenggaraan beasiswa LPDP.

Salah satu peserta yang terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini ialah Ramdhani Ibnu Ajid, mahasiswa jurusan Ilmu Keolahragaan UPI. Ia mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat. “Sosialisasi ini sangat bermanfaat karena bisa menambah informasi, terutama saya pribadi yang dari luar Jawa sangat terbantu”, ujar mahasiswa asal Palembang itu.

Dengan adanya sosialisasi ini, Dani berharap dirinya kelak dapat meraih beasiswa LPDP. “Semoga bisa tergabung kedalam keluarga awardee LPDP ,” ungkap Dani.

Sementara itu Muhammad Azam Syafii, Ketua Pelaksana sosialisasi beasiswa LPDP menuturkan dengan adanya sosialisasi ini agar peserta mempunyai semangat untuk meraih beasiswa. “Juga dapat menyebarkan informasi mengenai beasiswa LPDP ke mahasiswa UPI yang lain,” tambahnya.[]

Comments

comments