Nomor Seri Ijazah Bermasalah, UPI Buka Suara

1,361

Oleh: Dzahban Jodhie

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Ricky Pramaswara terkejut ketika melakukan pengecekan terhadap nomor ijazahnya. Ia menemukan bahwa nomor seri ijazahnya terdaftar dengan nama orang lain. Masalah itu ia sadari setelah khawatir mendengar kabar dari temannya yang mengalami masalah ketika mendaftar ke BUMN karena ketidakcocokan nomor seri ijazah.

“Sangat disayangkan ya hal ini bisa terjadi. Mengingat nomor seri yang ada pada ijazah kan bukan sekadar tempelan doang, tapi juga berpengaruh” ujar Ricky kepada isolapos.com, Rabu (30/5) di gedung PKM UPI.

Selain menimpa Ricky, alumnus Departemen Pendidikan dan Bahasa Indonesia, berdasarkan estimasi Direktur Akademik, Dadang Anshori kesalahan nomor seri ijazah ini berskala masif sebab wisuda tahun 2017 periode April, Agustus, dan Desember juga mengalami masalah yang sama kecuali FPSD serta Pasca Sarjana.

“Memang jumlah totalnya ribuan dari tiga periode” ujar Dadang saat ditemui di ruang kerjanya.

Ketika ditanya perihal edaran atau informasi nomor seri ijazah, Dadang mengungkapkan tidak ada edaran resmi yang dikeluarkan oleh pihak Direktorat Akademik mengenai masalah ini.

“Kita tidak menyampaikan surat resmi, bahwa kita ingin melokalisasi persoalan, kita menghindari chaos informasi” tambahnya

Lebih lanjut, mengenai penyebab kesalahan ini, Dadang menjelaskan banyak faktor yang mempengaruhi kesalahan nomor seri ijazah, bisa dari jurusan yang mengajukan nama wisuda bahkan pengelohan sistem yang dipakai. Direktorat Akademik juga mengakui kesalahan nomor seri ijazah dan bertanggung jawab secara penuh.

“Kesalahan memang dari Direktorat Akademik tanggung jawab kami secara kolektif, kebetulan pimpinannya saya, jadi tanggung jawab saya” ujar Dadang.

“Bagi saya agendanya menyelamatkan alumni” jawab Dadang ketika ditanya mengenai langkah yang akan diambil oleh Direktorat Akademik

Setelah melakukan rapat besar, Direktorat Akademik memberikan solusi perihal kesalahan nomor seri ijazah. Dadang menjelaskan untuk wisuda periode bulan April, hanya akan diberikan surat keterangan nomor ijazah, sebab rektor sebelumnya (Furqon) telah meninggal dunia. Sedangkan wisuda periode Agustus dan Desember ijazah akan ditarik dan diganti yang baru. Perbaikan ijazah dimulai sejak Rabu (30/5).[]

Redaktur: Zaki Annasyath

Comments

comments