Pameran Potret Ilmuwan Muda: Bukti Negeri Ini Tidak Kekurangan Orang Pintar

58

Oleh: Muhammad Wildan Al Gifari

Bandung. Isolapos.com— 32 foto para ilmuwan muda dari berbagai perguruan tinggi dipamerkan dalam acara Pameran Potret Ilmuwan Muda, kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bertempat di Kafe & Galeri Seni Orbital Dago, Bandung, Jawa Barat (27/11).

Rino R. Mukti seorang dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan kebahagiaannya ketika potret dirinya diperlihatkan ke khalayak umum. “Saya sangat apresiasi dan sangat tersanjung walaupun bukan siapa-siapa”, ujar dosen bidang kimia yang meneliti dan mengembangkan material katalis buatan dalam negeri untuk bahan bakar bensin.

Fotografer Yoggi Herdina yang mengisi pameran ini, mengatakan bahwa Indonesia saat ini mulai berubah, yang mulanya perekonomian negara ditopang sumber daya alam, kini ditopang sumber daya sains. Dirinya melihat ilmu pengetahuan sudah menjadi mata uang, dirinya pun berharap muncul sosok seperti Bachruddin Jusuf Habibie yang menemukan teori Crack.

Butuh waktu selama 9 bulan untuk Yoggi mengumpulkan potret-potret ilmuwan muda yang ia dapatkan sosok-sosoknya dari Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan juga rekomendasi yang ia dapat, hingga terpilihlah 32 sosok yang potretnya dipertontonkan. Ia mengakui potret model tidak hanya berputar pada selebrita saja, orang-orang inspiratif pun dapat menghiasi bingkai dan momentum ini dimanfaatkannya melalui lensa fotografi.

Melalui acara ini, pengunjung diharapkan dapat melihat bahwa ilmuwan bukan orang yang menyendiri berkutat di laboratorium, tua dan berkepala botak. Ilmuwan-ilmuwan saat ini didominasi oleh orang-orang muda dan berprestasi dalam bidangnya masing-masing. Selain itu pula pengunjung bisa mendapat inspirasi bahwa setiap orang bisa menjadi ilmuwan berdasarkan keahliannya sendiri.

Pameran Potret Ilmuwan Muda diselenggarakan dari 27 November 2019 hingga 2 Desember 2019. Dengan lokasinya yang berada di perbukitan Dago berhawa sejuk menjadikan pameran ini menjadi destinasi yang unik untuk dikunjungi. []

Redaktur: Muhamad Abdul Azis

Comments

comments