Refleksi Pencapaian UPI

0

Oleh: Reza A. Pratama

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Tepat pada tanggal 20 Oktober 2017, UPI merayakan Dies Natalies ke-63 yang diselenggarakan secara seremonial di Gedung BPU UPI, pagi tadi. Sangat disayangkan Presiden Indonesia Joko Widodo tidak terlihat sosoknya, yang sebelumnya sempat beredar isu Presiden akan menghadiri acara tersebut. Namun acara tetap terselenggara dengan khidmat, dalam rangka melakukan refleksi pencapaian UPI selama setahun ke belakang.

Asep Kadarohman, Rektor UPI, memaparkan berbagai prestasi yang diraih UPI hingga sekarang. Ia mencatat kenaikan yang terjadi pada kualitas SDM dengan meningkatnya jumlah guru besar menjadi 107 orang dan jumlah doktor mencapai 531 orang.

Dalam hal ini Asep juga menyampaikan geliat UPI yang sudah bersaing dalam kompetisi perguruan tinggi. Hal itu ditunjukan dari membludaknya peminat jurusan di UPI, yang saat ini posisi teratas diduduki Prodi Ilmu Komunikasi dengan jumlah peminat 5.010 orang. Sementara itu status prodi paling ketat disandang Ilmu Komputer dengan keketatan 1 :51 orang. Tahun 2017 juga tercatat sebagai tahun melesatnya UPI ke klaster 1 perguruan tinggi di Indonesia.

Pada pidatonya, terselip harapan Asep untuk membantu para mahasiswa UPI yang kesulitan dana. “Tidak boleh ada mahasiswa yang tidak kuliah, karena tidak bisa membayar SPP,” tegasnya. Ia menyampaikan bahwa dana abadi yang terdiri dari rekening UPI dan donasi akan disumbangkan bagi mahasiswa yang tidak mampu.[]

Redaktur: Dzahban Jodhie

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com