H-2 Pemilu BEM Rema, Gedung UPI Kena Vandalisme

0

Oleh: Nurul Yunita

Bumi Siliwangi, isolapos.comDua hari menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Republik Mahasiswa (Pemilu BEM Rema) UPI periode 2018, beberapa gedung di UPI terkena aksi vandalisme. Sabtu, (25/11), tulisan seperti “Bubarkan REMA”, “Boikot Pemilu”, “Tidak ada demokrasi dalam kotak suara” tampak di beberapa gedung UPI.

Saat dikonfirmasi isolapos.com, Deni Nugraha dari pihak Unit Pelaksana Teknis Keamanan dan Ketertiban Kampus (UPT K3) yang juga menjadi penanggung jawab harian Sabtu ini, mengaku pihaknya membenarkan adanya coretan di beberapa gedung. “Saya cek, betul ada di FPEB baru, FPEB lama, FPIPS, FPSD, poliklinik dan PKM,” tutur Deni.

Deni mengaku, pihak UPT K3 tidak ada yang melihat langsung aksi vandalisme tersebut. “Kalau melihat langsung tidak ada, tapi kan ada CCTV. Nah saya mau cek CCTV-nya. Apakah kena rekam atau tidak,” ujar Deni. Namun disayangkan, pihak UPT K3 baru dapat mengecek rekaman CCTV Senin besok. Hal itu disebabkan pemegang CCTV ialah  karyawan gedung. “Kebetulan sekarang kan hari libur, yang megang CCTV-nya libur,” tuturnya.

Terkait pihak K3 yang tidak melihat aksi vandalisme secara langsung, Deni mengatakan malam tadi memang pihak K3 sedang beristirahat untuk mengikuti pelatihan Sabtu ini di Subang. Pihak penjaga malam pun, tutur Deni turut beristirahat sehingga kecolongan. “Maaf pak kecolongan, kami lagi  istirahat,” tutur Deni menirukan laporan petugas. “Memang hari ini, jadwalnya semua padat di lapangan. Mereka (pihak UPT K3,-red) istirahat, jadi nggak nge-cek, nggak ngontrol,” lanjutnya.

Sementara itu, adanya aksi vandalisme menjelang Pemilu REMA UPI, Rai Andani, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) REMA UPI 2018, menyesalkan adanya peristiwa ini. “Sangat disesalkan, ada oknum yang melakukan aksi yang tidak bertanggung jawab,” tutur Rai.

Menurutnya, tindakan vandalisme yang dilakukan di masa tenang ini bukan lagi ranahnya KPU, melainkan sudah masuk ke ranah hukum dan pihak universitas. Pihak KPU nantinya akan berkoordinasi dengan pihak universitas. “Cuma belum kita lakukan, karena saya juga baru tau tadi pagi,” ujar Rai.

Pemilu Rema UPI sendiri, akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 November 2017 secara serentak di UPI Bumi Siliwangi maupun kampus daerah.[]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com