Sunrise Point Cukul, Melihat Matahari Terbit di Bandung Selatan

61

Oleh: Naufal Ghifari Sagarmatha

Bandung memiliki berbagai macam kawasan wisata salah satunya adalah wisata alam. Daerah lembang dan ciwidey menjadi daerah yang ramai dikunjungi bagi para pengunjung yang ingin meninkmati alam bandung. Pemandangan yang memanjakan mata dan kesejukannya membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama didua kawasan tersebut.

Untuk wisata alam kawasan Lembang dan Ciwidey menjadi primadona, bahkan sampai membludak jika musim liburan telah tiba. Tidak perlu khawatir, untuk para pengunjung yang menyukai wisata alam dapat berkunjung ke tempat lain karena kawasan Pangalengan yang berada di Bandung Selatan. Pengalengan dapat menjadi solusi jika telah bosan memilih Lembang dan Ciwidey menjadi tempat destinasi liburan.

Sunrise Point Cukul menjadi wisata andalan kawasan pangalengan selain Situ Cileunca. Untuk dapat tiba di Sunrise Point Cukul pengunjung berkendara sekitar 58km ke arah Bandung selatan dan menempuh waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan sudah termasuk lewat tol dari kota Bandung. Selepas pusat kecamatan Pangalengan, perjalanan yang berkelok dan udara khas dataran tinggi menjadi sesuatu yang sedap untuk dinikmati selama perjalanan tersebut. Memasuki desa cukul baru lah kita dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang sangat luas. Sepanjang perjalanan pengunjung sebaiknya berhati-hati untuk berkendara, karena kabut bisa saja turun dijam-jam tertentu. Ditambah lagi dengan kurangnya lampu penerangan jalan.

Sunrise Point merupakan sebuah bukit yang berada diatas ketinggian dan disekitar nya dikelilingi oleh kebun teh. Setelah sampai di parkiran, pengunjung cukup berjalan sekitar 300m. Tidak perlu merogoh kocek cukup dalam, tiket masuk untuk tempat wisata ini hanya sebesar Rp 5.000,- saja. Dengan harga tiket yang terjangkau pengunjung dapat menikmati matahari yang terbit yang indah. Selain itu pengunjung juga dapat berfoto di area bukit dengan spot foto instagramable yang tersedia di Sunrise Point ini.

Sesuai namanya, pengunjung tentu nya ingin melihat mathari terbit di Sunrise Point Cukul ini. Untuk menikmati sunrise pastinya pengunjung harus datang di waktu subuh ke tempat tersebut, baik nya sekitar jam 5 pagi telah berada diatas sunrise point untuk bersiap-siap menyaksikan terbit nya matahari. Tidak perlu khawatir jika perjalan dari bandung atau dari kota lain sangat jauh untuk mengejar matahari terbit. Pengunjung bisa menginap di penginapan terdekat dari daerah cukul yaitu cileunca guest house.

Karena banyak orang yang belum mengetahui tempat ini, pengunjung yang datang juga belum begitu ramai dibandingkan Lembang dan Ciwidey. Dengan demikian sunrise point cukul dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang ada di Bandung.[]

Redaktur: Dzahban Jodhie

Comments

comments