Palang Parkir Otomatis Dipasang, UPI Terapkan Parkir Berbayar

1,940

Oleh: Muhammad Zaki Annasyath

Bumi Siliwangi, isolapos.comUPI kembali menerapkan aturan parkir berbayar. Proyek palang parkir otomatis mulai dipasang di setiap gerbang masuk UPI, Kamis (15/11). Hal tersebut dianggap dapat menjadi solusi agar lahan parkir di UPI menjadi lebih nyaman.

“Untuk memberikan kenyamanan kepada civitas, ke tamu. Untuk menghindari berbagai kehilangan, kecurian,” ujar Dadi Darmadi, Sekretaris UPT K3 UPI.

Lebih lanjut, Dadi mengatakan, selama ini orang luar UPI sering sembarangan memarkir kendaraan di lingkungan kampus. “Orang luar nyimpan mobil di UPI, nyimpan motor di UPI. Coba kalo malam Anda cek,” lanjutnya.

Perihal berbayar, Dadi menjelaskan civitas UPI tak dikenakan tarif parkir. Tarif tersebut hanya dikenakan bagi orang di luar civitas UPI sekitar Rp2000-3000. “Yang penting punya kartu mendaftar,” jelas Dadi.

Ia juga mengatakan mengenai mekanisme kartu bagi civitas UPI. “Nanti di tahun 2019 semua data-data akan dimigrasikan, ATM (KTM-red) akan diganti dengan yang sistem kombo, terkoneksi dengan BNI, terkoneksi dengan sistem parkir, ya lebih canggih lah,” kata Sekretaris UPT K3 UPI.

Disinggung mengenai peraturan, Dadi mengatakan, tim dari pihak kampus tengah menyusun Peraturan Rektor tentang sistem perparkiran di UPI.

Hal tersebut diamini Antonius Kelikawe, Kepala UPT K3 UPI. Ia mengonfirmasi penyusunan Peraturan tersebut. “Masih dipersiapkan semuanya, kita kan ada sosialisasi. Yang penting mah aman, nyaman, tentram,” ujarnya. Sosialisasi pihak kampus dilaksanakan mulai bulan depan dan akan melibatkan seluruh elemen mahasiswa UPI.[]

Redaktur: Ayu Rahmah W.

Comments

comments