Halal bi halal Ormawa : Silaturahmi Mahasiswa & Rektorat UPI

12

Oleh: Muhammad Wildan Al Gifari

Bumi Siliwangi, Isolapos.com– Puluhan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dari elemen BEM fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menghadiri kegiatan Halal Bi Halal Ormawa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan rektorat pada Kamis (04/07/2019) yang bertajuk “Merajut kebersamaan, menyatukan perbedaan, mempererat silaturahmi menuju Ormawa UPI yang bersinergi”. Hal unik dari halal bihalal ini ialah lokasinya yang tidak berada di gedung lingkungan UPI melainkan berlokasi di hotel berbintang yaitu GH Universal Hotel, Cidadap, Bandung.

Aldo Muhammad Haikal, selaku ketua pelaksana halal bihalal mengatakan, acara ini awalnya berkonsep di tiga tempat di lingkungan UPI yaitu amphiteater, auditorium Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis (FPEB), dan gedung BPU Achmad Sanusi.

“Setelah kita ngobrol sama pihak rektorat yang pertama kali inginnya bapak itu bosen gitu sama suasana yang di lingkungan UPI, inginnya suasana yang nyantai”, ujarnya.

Biaya penyewaan hotel sepenuhnya berada dalam tanggungan rektorat UPI karena jika pendanaan ditanggung oleh BEM Rema tidak akan mencukupi.  “Sebenarnya sayang juga kalo misalnya biaya atau dana dari BEM Rema sendiri buat tempat semegah ini”, tambahnya. GH Universal dipilih karena UPI biasa mengadakan kegiatan ditempat itu, oleh karena itu pihak rektorat merekomendasikan hotel tersebut.

Halal Bihalal Ormawa ini menjadi sarana silaturahmi antara ormawa dengan rektorat UPI sekaligus tempat mencurahkan permasalahan yang dirasakan oleh ormawa dan menghilangkan rasa ketidaktahuan maupun kesalahpahaman kepada pihak rektorat. Sebelum diadakannya halal bihalal memang sudah diadakan konsolidasi bertajuk “NGOPI YUK” (Ngobrol Perkara UPI) pada hari selasa (18/06) pukul 16.00 di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Geugeut-Winda dan konsolidasi kedua pada Selasa (02/07/2019) di lokasi yang sama. Hasil dari konsolidasi akan diangkat pada momentum tersebut.

Pada sesi diskusi bersama pihak Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa), aspirasi yang disuarakan berkisar pada permasalahan yang di alami oleh ormawa-ormawa UKM, terutama mengenai fasilitas penunjang UKM. Aldo mengakui halal bihalal ini belum maksimal menyerap aspirasi mahasiswa.

Mupid Hidayat, Direktur Direktorat Kemahasiswaan sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Mupid berharap harus adanya komunikasi terus menerus antara ormawa, terutama UKM dengan pihak Dirmawa agar persoalan yang terjadi dapat diselesaikan. “Kepada para mahasiswa tentunya jangan berhenti untuk berkomunikasi. Sebab saya tidak tahu utuh persoalan”, tutupnya. []

Redaktur: Muhammad Zaki Annasyath

 

Comments

comments