IDRF Gelar Festival Dramatik Reading

239

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Teater Lakon saat menampilkan Pembacaan Naskah Lakon di Auditorium Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Senin (5/11).

Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) menggelar Festival Pembacaan Naskah Lakon di  Auditorium Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), bersama Teater Lakon UPI, Senin (5/11).

Festival ini merupakan kali ketiga yang diadakan oleh IDRF. Menurut Penyelenggara IDRF, Joned Suryatmoko, IDRF merupakan dramatik reading, di mana suatu fase pementasan drama dilakukan untuk memperkenalkan naskah lakon secara lebih luas. Ia menambahkan bahwa sebelum sebuah naskah ditampilkan dalam bentuk lakon, isi naskah dan gambaran tokoh lebih dahulu diperkenalkan. “Selanjutnya jika tertarik dengan naskahnya, nanti bisa ditampilkan dalam bentuk lakon,” ujar Joned.

Selain itu, IDRF juga merupakan ajang memperkenalkan naskah lakon terbarunya. Sehingga naskah lakon tidak hanya memakai naskah-naskah lama saja, melakinkan naskah baru seperti naskah tahun 2000-an. “Semakin ke sini, zaman semakin berkembang. Begitu juga isi naskah teater,” kata Joned.

Namun, Joned menyayangkan acara Festival Pembacaan Naskah Lakon di Bandung minim antusias. Hal ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan Yogyakarta yang penontonnya begitu antusias.

Menurut Ketua Pelaksana IDRF di Bandung, Rendra Wicaksono, mengatakan bahwa minimnya antusisame dari penonton karena publikasi yang kurang. “Ditambah ini pementasan drama hanya pembacaan naskah saja,” kata Rendra.

Festival pembacaan naskah lakon ini sudah berjalan di Yogyakarta dan Semarang. Bandung merupakan kota ke tiga yang mereka kunjungi, menurut Joned kota-kota yang mereka kunjungi merupakan kota besar yang banyak komunitas teaternya. Rencananya setelah Bandung Festival ini berpindah ke Lampung. Harapanya, di lampung IDRF lebih diminati untuk ditonton. [Rifqi Nurul Aslami]

Comments

comments