2013, Kuota SNMPTN Undangan Menjadi 50 Persen

130

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Ilustrasi

Sebanyak 50 persen calon mahasiwa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2013 akan diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)  undangan.  Menurut Direktur Direktorat Akademik, Agus Taufiq, ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“SNMPTN itu kebijakan menteri, kita harus mengacu kesitu,” ungkap Direktur Direktorat Akademik, Agus Taufik, saat ditemui isolapos.com. Ia menambahkan, dalam mekanisme penerimaannya akan menggunakan nilai raport dan nilai Ujian Nasional (UN) sebagai syarat penyeleksian SNMPTN.

Agus mengatakan, Meski hanya melihat nilai raport dan nilai UN siswa, pihak UPI tidak khawatir dengan adanya tindak kecurangan. Pasalnya, Kemendikbud akan menggunakan Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). “Sebagus apapun siswanya (nilai-red) kalau nama sekolahnya, status sekolah dan nama siswanya tidak ada di PDSS tidak akan bisa,” tandas Agus.

Nantinya, data sekolah dan siswa akan diserahkan kepada PDSS untuk diseleksi. Namun, dalam proses penyeleksiannya Universitas tidak dilibatkan. “Universitas tidak tahu apa-apa, tahu sudah ada datanya,” jelasnya. Kuota sisanya, UPI akan menerima 30 persen mahasiswa dari jalur ujian tulis, dan 20 persen dari  jalur mandiri. [Miftahul Nurul J]

Comments

comments