Tidak Ada Penjurusan, Minat Didasarkan Pada Mata Pelajaran

211
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Pengelompokan jurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa, akan dihapuskan jika kurikulum 2013 diberlakukan tahun depan. Meski begitu, menurut Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Ahman, penjurusan di SMA masih akan tetap ada yaitu penjurusan berdasarkan mata pelajaran. Bagi Ahman, mata pelajaran dapat dianggap sebagai minat. “Itu sebetulnya juga nama lain dari penjurusan,” terang Ahman pada isolapos.com, Senin (17/12).

Menurut Ahman, sebenarnya penjurusan itu merupakan pemilihan minat, hanya saja pemilihan minat itu sudah diatur dalam pengelompokan jurusan tertentu. “Jurusan pun sesungguhnya dalam  rangka menyiapkan anak memilih sesuai minat,” paparnya.

Jika berdasarkan minat, Ahman menuturkan bahwa jumlah penjurusan di SMA akan lebih dari tiga pilihan. Misalnya, ada anak yang memiliki minat di bidang olahraga, kreasi seni, dan ilmu teknologi. Maka, sekolah dituntut untuk menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan minat siswa masing-masing.

Namun, menurutnya persoalan yang muncul apakah sekolah siap menyediakan sarana dan prasarana dalam menampung berbagai macam minat siswa yang berbeda-beda tersebut. “Siapkah sekolah itu menampung perbedaan minat satu dan lainnya?” tanya Ahman. [Nur Anisa]

Comments

comments