78 Mahasiswa Bidik Misi Harus Kembalikan Dana BOPTN

991
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com,-

Sebanyak 78 mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa Miskin (Bidik Misi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) angkatan 2012, harus menelan kekecewaan dengan diharuskannya mengembalikan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang diterimanya kepada UPI.

Pada awal Januari 2013 lalu, sejumlah uang sebesar Rp 925.000,- yang berasal dari BOPTN masuk ke dalam rekening tabungan mahasiswa mereka, yang juga masuk ke rekening mahasiswa angkatan 2012  lain.

Namun, menurut Kepala Divisi Pengembangan Pembinaan Kemahasiswaan dan Kesejahteraan Mahasiswa, Endang Supriatna, dana BOPTN  tak diperuntukkan bagi mahasiswa Miskin penerima Bidik Misi, namun hanya diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2012 non-Bidik Misi.

“Uang tersebut sebenarnya bagi mahasiswa 2012 di luar penerima bidik misi,” ujar Endang saat ditemui isolapos.com, Rabu (8/1).

Dalam surat edaran Kepala Divisi Pengembangan Pembinaan Kemahasiswaan No:UN40/KM/2013 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tersebut harus mengembalikan dana tersebut secara tunai mulai dari tanggal 3-9 Januari 2013  ke Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan.

Menanggapi kabar tersebut, salah satu penerima Bidik Misi, Muhammad Ali Assajjad Filail mengaku merasa kecewa. “Pihak UPI kurang teliti,” kritiknya.

Meski begitu Ali bersyukur karena uang yang masuk ke rekeningnya tersebut datang pada saat yang tepat. “Untung juga ada dana itu, kalau nggak ada saya nggak bisa makan,” ucapnya.

Namun, Ali mengaku bahwa saat ini dirinya belum bisa mengembalikan uang itu. “Jumlah uangnya masih kurang,” kata Ali. Saat ini ia merasa kebingungan untuk melunasi uang tersebut. “Uangnya baru ada 650 ribu,” ujarnya. [Fachmi Maulana]

Comments

comments