Pendidikan Sebagai Ujung Pembina Kewirausahaan

116
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia mengadakan Sosialisasi Kebijakan dan Program Pengembangan Perniagaan dan Kewirausahaan, Jum’at (22/11) di Gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Pendidikan sangat penting sebagai ujung pembina kewirausahaan,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Kementerian Koordinator Perekonomian Indonesia, Edy Putra Irawady dalam acara Sosialisasi Kebijakan dan Program Pengembangan Perniagaan dan Kewirausahaan, Jum’at (22/11) siang. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia di Gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Edy yang mewakili Menteri Koordinator Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu jilid II Hatta Rajasa, menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Menurut ketua pelaksana acara tersebut, Handito Joewono, berdasarkan pemikiran itu UPI dipilih menjadi tempat pertama dilakukannya sosialisasi ini. Menurutnya, dosen dan guru mempunyai peran penting dalam kewirausahaan nasional. “Karenanya, taruh di UPI yang pertama,” katanya.

Senada dengan Edy, Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata pun mengatakan bahwa pendidikan merupakan jalur yang strategis dalam membina kewirausahaan. “Channel pendidikan merupakan jalur yang strategis, karena itu mari kita bangun sikap dan daya juang wirausaha,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah Jawa Barat (Jabar) akan mencetak seratus ribu wirausaha baru di sekitar daerah Jabar dan mengoptimalkan sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta bisnis online untuk membangun perekonomian Jabar. “Ada 36% dari jumlah penduduk merupakan generasi muda termasuk mahasiswa dapat berwirausaha,” papar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ferry Sofwan Arif. Untuk itu, menurutnya, anak muda harus menghasilkan ide-ide yang segar.

Acara ini akan berlangsung selama dua hari, mulai hari ini hingga esok. Selain sivitas akademika UPI, Kampus Daerah, turut hadir pula guru Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Kejuruan se-Jawa Barat serta pembina wirausaha. [Karolina Ketaren]

Comments

comments