UPI Wisuda 3204 Mahasiswa

296
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) gelar upacara wisuda gelombang III, Rabu (18/12) di Gedung Gymnasium UPI.

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar upacara wisuda gelombang III, Rabu (18/12) di Gedung Gymnasium UPI. Dalam upacara wisuda yang kali ke tiga digelar tahun ini, sebanyak 3204 mahasiswa berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan, Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Upacara wisuda dibuka langsung oleh Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata. Dalam pidatonya, Sunaryo memberikan selamat atas kesuksesan dan keberhasilan yang telah diraih wisudawan. “Ketika saya melepaskan Anda semua, itu berarti saya menyuntikkan enzim untuk metabolisme tubuh Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sunaryo berpesan agar wisudawan dapat membawa perubahan ketika terjun ke masyarakat. Ia pun berjanji akan terus menginovasi kampus pencetak guru itu agar para alumnus bangga dengan almamaternya. “Bawalah obor perubahan sekecil apapun nyalanya dan kemanapun Anda berada,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, turut hadir Duta Besar Finlandia, Kai Sauer. Senada dengan rektor, Kai pun menghimbau pada wisudawan agar dapat membawa kemajuan untuk negeri. “Today is your day, be proud of yourself and bring progress to your country,” pesan Kai.

Mengingat wisudawan saat itu didominasi sarjana pendidikan, Kai berharap para wisudawan dapat mengemban tugas besar mendidik anak negeri dengan baik. Ia mengatakan, di Finlandia guru sangat dihormati dan memiliki status sosial yang tinggi. “Because teacher is the person who brings bright from the darkness. Education also can save Finland technology, like Nokia and Angry Birds,” katanya.

Hal tersebut diamini salah satu wisudawan terbaik, Wildan Karim Angga Perbata. Menurut mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan ini, pendidikan adalah untuk peradaban. Ia mengajak para wisudawan lain untuk menjadikan pemikiran itu sebagai dorongan dan motivasi untuk terus berkarya. “Apapun profesi kita ke depan, Indonesia menunggu karya dan bakti kita pada negara,” tandasnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, jika wisuda digelar dua kali, kali ini semua dituntaskan dalam waktu satu hari. Untuk sesi pertama, sebanyak 1549 mahasiswa UPI yang dilantik. Mereka terdiri dari 552 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 274 mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), 550 mahasiswa Sekolah Pasca Sarjana, 54 mahasiswa Kampus Daerah (Kamda) Cibiru, 70 mahasiswa Kamda Sumedang, 46 mahasiswa Kamda Purwakarta, dan 3 mahasiswa Kamda Tasikmalaya.

Sesi terakhir akan dihadiri 1655 wisudawan yang berasal dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), dan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). [Melly A. Puspita]

Comments

comments