Pembelian Buku Perpustakaan UPI Capai Ratusan Juta

71

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Pengadaan buku  di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun lalu capai ratusan juta rupiah. Hal tersebut diutarakan Koordinator Pengadaan Perpustakaan UPI, Hada Hidayat.  “Tahun kemarin kurang lebih 900 jutaan,” jelas Hada di ruangannya, Jumat (17/1). Dalam laporan pembelian buku baru tahun kemarin tercatat angka Rp 879 juta dengan jumlah pembelian buku sejumlah 3.655 judul dan 11.146 eksemplar.

Hada mengungkapkan jika harga buku itu sesuai dengan yang tertera pada katalog penerbit. Sedangkan menurutnya, jumlah buku tiap bidang ilmu yang dibeli, Hada tidak tahu pasti karena dirinya tak mempunyai datanya. “Itu kelemahan kami, kami belum mempunyai software yang bisa membuat statistik judul buku,” kata Hada. Hingga saat ini, jika melihat data yang diperlihatkan pihak pengadaan perpustakaan, jumlah buku yang dimiliki perpustakaan UPI mencapai 65.293 judul dan 214.317 eksemplar.

Awal tahun ini, perpustakaan UPI kembali menggarap proyek tahunannya. Proyek itu tak lain adalah pengadaan buku-buku baru. Hada menambahkan akhir Januari ini proyek itu direncanakan telah sampai pada tahap pembahasan oleh Direktorat Keuangan UPI.

Menurut Hada, sama seperti tahun sebelumnya, pihak pengadaan perpustakaan tidak mengetahui berapa anggaran yang disediakan untuk pengadaan buku baru. Lanjutnya, selama ini pihaknya hanya mengajukan buku sesuai dengan form ajuan buku yang ada, tanpa memperhitungkan total harganya. “Untuk masalah pembelian dan tender itu, diurus oleh Sarana dan Prasarana UPI,” tutur Hada. [Tatang Zaelani]

Comments

comments