PERWALIAN ONLINE DINILAI KURANG EFEKTIF

63
Form Masuk perwalian online

Bumi Siliwangi, Isolapos.com-,      

Sistem kontrak mata kuliah dan perwalian online Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dinilai masih memiliki kekurangan. Dosen Departemen Pendidikan Seni Rupa UPI, Bandi Sobandi menilai bahwa sistem kontrak mata kuliah dan perwalian online yang baru diluncurkan tahun ini tidak dapat membangun hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan dosen pembimbing akademiknya (PA,-red).” Itu hanya satu alat saja, sebetulnya bimbingan harus terlaksana dengan tatap muka secara langsung,” tutur Bandi, Selasa (8/7).

Senada dengan Bandi Sobandi, Mahasiswa Departemen Pendidikan Akuntansi, Aulia Nur Fauziah menilai bahwa perwalian online dirasa kurang efektif jika hanya mengandalkan sistem chatting saja. Selanjutnya, mahasiswa pun terkadang kesulitan untuk memahami mata kuliah yang akan dikontrak selanjutnya seperti apa.” Tentang mata kuliah bersyarat kan kita jarang tahu, jadi harus ada pertemuan yang intens sama PA biar gak salah strategi,” ujarnya sambil terkekeh.

Kendati demikian, Sistem kontrak dan perwalian online UPI ini masih terus disempurnakan. Kepala divisi layanan sistem informasi Direktorat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (DIRTIK) UPI Asep Wahyuddin menuturkan sistem yang digulirkan berdasarkan SK 3129/UN40/DT/2014 itu merupakan teknologi yang dapat memangkas anggaran UPI. “Sistem seperti ini dapat memangkas anggaran UPI khususnya dalam pengadaan kertas,” kata Asep.

Ia menambahkan direktorat akan terus melakukan proses penyempurnaan sistem. Lanjutnya, pihak DIRTIK-UPI akan terus mengembangkan sistem informasi dan komunikasi supaya lebih baik.  [Hikmat Syahrulloh]

Comments

comments