PERWALIAN ONLINE HARUS TETAP TATAP MUKA

139
form masuk perwalian online

Bumi Siliwangi, Isolapos.com-,

Pelaksanaan kontrak kuliah dan perwalian online Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masih terus berlangsung sampai 25 Juli 2014 nanti. Hingga saat ini, jadwal kontrak kuliah dan perwalian online sedang berlangsung pada mahasiswa UPI angkatan 2013 sampai angkatan 2011.

Kepala Divisi Layanan Akademik, Liris Raspatiningrum menuturkan bahwa perwalian online memang disediakan untuk mempermudah bimbingan akademik jika tidak memungkinkan adanya pertemuan secara langsung. “Asalkan dosen dan mahasiswa terhubung dalam jaringan internet bimbingan dapat terjadi kapan saja”, ungkap Liris saat diwawancarai isolapos.com, Senin (14/7).

Ia menambahkan perwalian ini adalah salah satu sarana itu mempermudah kesulitan yang dihadapi di kontrak kuliah manual. Namun, Ia berharap bahwa pertemuan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik harus tetap berjalan. “Memang lebih baik bertemu namun dengan perwalian online ini, mahasiswa tetap bisa bimbingan di hari libur”, katanya sembari menjelasakan laporan mengenai perwalian dari salah satu dosen UPI.

Menanggapi perwalian online Mahasiswa Departemen Pendidikan Sejarah, Muhammad Ilham Fauzi berpendapat bahwa masih banyak mahasiswa yang memutuskan untuk melakukan bimbingan akademik dengan bertemu dosen pembimbing akademik (PA). Ia juga menilai meskipun UPI telah menerapkan sistem perwalian online ini, kesulitan masih dialami mahasiswa untuk menemui dosen pembimbingnya. “Sistem perwalian di UPI harus diawasi agar lebih tertib,” ucapnya.

Ia mengaharapkan, mahasiswa harus tetap diutamakan oleh dosen-dosen pembimbing akademiknya dalam melakukan bimbingan studi. “Meski telah ada perwalian online, harus tetap ada pertemuan biar tidak hanya tahu nama dosennya saja”, katanya. [Karolina Ketaren]

Comments

comments