60 Tahun, UPI Hanya Punyai 88 Artikel Dosen

123

Bumi Siliwangi, Isolapos.com,-

Memperingati Dies Natalisnya yang ke 60, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar seremonial di Gedung Achmad Sanusi (Balai Pertemuan Umum), Senin (20/10). Dalam kesempatan itu, Rektor UPI, Sunaryo Kartadinata sempat menyinggung tentang kinerja yang telah dicapai Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) itu.

Dalam pidatonya, Sunaryo mengatakan bahwa sejak UPI berdiri hingga saat ini, universitas ini baru menerbitkan 88 artikel internasional dari dosen. “Sampai dengan tahun 2014, baru terdapat 88 artikel dosen UPI yang terindeks dalam sistem database seperti Scopus,” ujarnya.

Ia menyayangkan minimnya produktivitas UPI dalam menerbitkan jurnal internasional. Sunaryo menilai, jumlah jurnal internasional yang telah diterbitkan, masih relatif kecil jika melihat universitas sekelas UPI. “Upaya keras masih harus dilakukan,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Biro Penelitian dan Pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Kajian Studi Kemasyarakatan (UKSK), Intan Ayu Ekawati mengatakan bahwa produktivitas untuk menghasilkan karya-karya ilmiah lebih bisa menggambarkan kualitas sebuah universitas. “Angka yang minim, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain jumlahnya sudah ratusan bahkan ribuan”, ujarnya saat diwawancarai isolapos.com. [Karolina Ketaren]

Comments

comments