Muaz: Semoga Pelatihan kali ini Bukan Pertama dan Terakhir

112
M. Muaz sedang memberikan seminar pada acara PSP di Gedung Achmad Sanusi UPI, Senin, (7/9)
M. Muaz sedang memberikan seminar pada acara PSP di Gedung Achmad Sanusi UPI, Senin, (7/9).

Bumi Siliwangi, isolapos.com– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) unit Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) pusat menyelenggarakan pelatihan nasional Pshycososial Support Program (PSP),. Dalam seminar ini, Muhammad Muaz S.H selaku perwakilan Palang Merah Indonesia berharap pelatihan PSP kali ini bukan yang pertama dan terakhir. ”Semoga pelatihan ini (PSP) bukan yang terakhir di UPI,” pungkasnya saat memberi sambutan di Gedung Achmad Sanusi UPI (BPU), Senin, (7/9).

Dalam kesempatannya sebagai keynote, Muaz menegaskan bahwa setiap orang bisa saja ahli dan memiliki pengetahuan serta mendapat sertifikat. Namun, di balik itu ada tanggungjawab yang luar biasa. “Kemampuan teknis profesional, tidak diiringi komitmen pribadi di mana saudara bekerja tidak mungkin bisa berbuah.” katanya. Hal ini, Muaz melanjutkan, di palang merah Anda dituntut untuk menjadi anggota PMI yang dipaksakan. “Nah itu tidak mungkin untuk memaksa memasuki dunia perikemanusiaan, yang ada adalah Anda punya hobi, punya minat untuk membangun kasih sayang,” ucapnya.

Ketua pelaksana, Rima Meilani, menjelaskan pelatihan kali ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa untuk berperan dan membantu menangani bencana hingga tuntas. “Kita mahasiswa sebagai relawan intelektual ingin mempunyai posisi khusus pasca bencana, tidak hanya saat terjadinya bencana saja,” ujar Rima.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Asep Kadarohman dengan simbolis pemukulan gong. Acara yang memiliki kuota mencapai 300 orang tersebut hanya dihadiri oleh 70 orang dari 40 perguruan tinggi se-Indonesia. Selain seminar, pelatihan ini diisi dengan pematerian di kelas, praktik simulasi, bakti sosial, dan kunjungan wisata. Pelatihan ini telah berlangsung sejak Minggu kemarin hingga Sabtu ini. [Magang/ Indah Ristiani dan M. Taufik Isnaini]

Comments

comments