Seminar Pedagogi, Tahun ini UPI jadi Tuan Rumah

138
Gedung Achmad Sanusi UPI, Selasa (15/9), saat Sunaryo Kartadinata memberikan materi dengan tema Peran Pedagodi dalam Pendidikan Guru.
Gedung Achmad Sanusi UPI, Selasa (15/9), saat Sunaryo Kartadinata memberikan materi dengan tema Peran Pedagogi dalam Pendidikan Guru.

Bumi Siliwangi, Isolapos.com- Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), menyelenggarakan Seminar Internasional yang ke-6, bertemakan “Pedagogy in 21st Century”, Selasa (15/09) di Gedung Achmad Sanusi. Tahun ini, seminar diselenggarakan di Indonesia yang diusulkan oleh Institut Pendidikan Guru Malaysia dan diikuti oleh tiga Negara lainnya, yakni, Indonesia, Malaysia, dan Thailand, guna berkerjasama dalam hal pendidikan, seminar, dan penerbitan. “Kerjasama ini selalu berlanjut. Tahun sekarang mereka yang kesini, mudah-mudahan tahun depan Indonesia yang ke Kuala Lumpur.” tutur Rahmat Sutedi selaku panitia seminar.

Menurut Nita, mahasiswa PGSD UPI, seminar ini menarik, ilmu yang didapat juga mudah diterima. “Materinya bagus, kena banget pastinya bermakna, banyak pelajaran yang saya dapat, terus kan kita calon guru SD (Sekolah Dasar-red) dan juga pedagogik itu ilmu untuk anak, jadi ya kena banget. “ ujar Nita.

Seminar ini sudah menghasilkan tiga jurnal, dan salah satunya adalah proceding yang terdiri dari 1.700 halaman karangan dari 150 penyaji. Rencananya, hasil dari seminar yang dilaksanakan ini, akan dibentuk Forum Komunitas Pendidik Serantau. Inti dari acara ini adalah menyongsong peningkatan pendidikan di abad 21. Dari kerjasama tiga negara tersebut diharapkan ada transformasi pendidikan dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Acara hari ini diisi dengan materi dari tujuh orang penyaji utama atau keynote diantaranya Rektor UPI, Furqon, Lynne Hill dari USAID Amerika, Shaik Abdul Malik dari University Sains Malaysia, ketua ISPI, Sunaryo Kartadinata, Direktur IPG Kampus Ilmu Khas Kuala Lumpur, Shaari Bin Osman, Direktur Jisda Colej Thailand, Dr. Ruslan, dan Dr. Y. Suyitno, M.Pd, salah satu Dosen Pedagogik UPI. [Magang/ Shanaz dan Mela]

Comments

comments