Sosialisasi Ekonomi Islam Melalui Workshop

65
Saat workshop “Literasi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Islam, Jum'at (27/11) di Auditorium Lantai 6 Gedung Nu'man Soemantri.
Saat workshop Literasi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Islam, Jum’at (27/11) di Auditorium Lantai 6 Gedung Nu’man Soemantri.

Bumi Siliwangi, isolapos.com– Program Studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (IEKI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan workshop “Literasi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Islam”, Jum’at (27/11) di Auditorium Lantai 6 Gedung Nu’man Soemantri UPI.

Menurut Dosen IEKI UPI Julian Sigit, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan lebih luas tentang Ekonomi dan Keuangan Islam yang menjadi tren saat ini. ”Nah, kita harapkan di kegiatan ini, Ekonomi dan Keuangan Islam bisa tersosialisasi ke tengah masyarakat,” ucapnya.

Acara ini diisi dengan lima pematerian, diantaranya Meluruskan Persepsi Ekonomi Islam (Perbedaan Ilmu Ekonomi dan Sistem Ekonomi serta keunggulan Sistem Ekonomi Islam) oleh Julian Sigit sebagai dosen IEKI UPI, Perkembangan dan Prospek Industri Keuangan dan Bisnis Islam di Indonesia dan Global oleh ketua program Studi IEKI UPI A. Jajang W. Mahri, Operasional Bank Syariah, Kasus BRI Syariah oleh Riza Rijandi dari BRI Syariah, Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah di Indonesia yang  dijelaskan perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta.

Menanggapi hal itu, Seorang peserta yang juga berprofesi sebagai Guru Ekonomi, Lili Nur Halimah mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan sudut pandang yang baru tentang bank syariah dan bank konvensional.” Yang awalnya banyak pandangan negatif antara bank konvensional sama syariah sekarang udah ada perbedaan,” tuturnya.

Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 120 guru IPS SMP dan Ekonomi SLTA (SMA, MA, dan SMK) se-Jawa Barat. Selain itu, kegiatan yang bekerjasama dengan OJK dan praktisi perbankan syariah ini berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB dan dimeriahkan pula oleh hiburan dari nasyid IEKI Voice. [Irma K.]

Comments

comments