Hariring ti Lembur, Angkat Budaya  Sunda lewat Pagelaran Seni

330
Puluhan anggota Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UPI sedang melantunkan lagu di Pagelaran Seni Hariring ti Lembur di Amphiteater,Jumat (04/12).
Puluhan anggota Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UPI sedang melantunkan lagu di Pagelaran Seni Hariring ti Lembur di Amphiteater,Jumat (04/12).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Pendidikan Indonesia menggelar konser kebudayaan bertemakan Hariring ti Lembur di gedung Amphiteater, Jumat (04/12). Ketua Pelaksana Tizza Lucky menuturkan, sesuai dengan temanya, konser yang telah memasuki tahun ke tiga ini merupakan pagelaran seni yang secara khusus mengangkat budaya dari suku Sunda. ”Hariring itu sendiri artinya adalah senandung, jadi hariring ti lembur maksudnya lagu lagu sunda yang berasal dari desa,” ujarnya kepada isolapos.com.

Konser PSM kali ini hadir dengan menampilkan 10 lagu Sunda. 35 orang dari anggota PSM membawakan 5 lagu pada tiap segmennya. Ada pula nyanyian yang disenandungkan oleh  pembimbing PSM sendiri yakni Tri Indri Hardini. Konser kebudayaan yang mengambil kesenian sunda ini, berisikan lagu-lagu tempo dulu hingga saat ini, termasuk lagu mainan anak-anak. Tizza menambahkan, dengan tujuan melestarikan dan mengenalkan budaya lokal kepada para penonton, konser tahun ini cukup diminati penonton. “Aku ngitungnya dari kapasitas gedungnya aja yaitu ada 300 penonton,” tutur Tizza.

Dari tahun ke tahun menurutnya, tema yang diangkat dalam pagelaran PSM tak jauh berbeda. Pagelaran seni PSM ini berbentuk konser kebudayaan yang mengangkat budaya Indonesia melalui paduan suara. “Konser yang pertamakan Senandung Nusantara maksudnya lagu-lagu daerah Indonesia lalu yang kedua itu Cinta Indonesia, lebih ke pop gitu sih,”tambahnya.

Walaupun hanya menampilkan paduan suara saja, konser ini dinilai sangat menghibur para penonton dengan menyuguhkan aransemen musik yang  harmonis dan tidak monoton. Hal tersebut diungkapkan mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2014, Ayu Anggiana Samiran. “Acaranya rame, seru, dan menarik dari segi penampilan dan kostumnya juga,” ujar Ayu. [Prita K Pribadi]

Comments

comments