Mahasiswa PKh Dorong Aspirasi Gerakan UPI Inklusi

159
Puluhan Mahasiswa tengah bersiap-siap untuk longmarch di depan Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kamis (03/12).
Puluhan Mahasiswa tengah bersiap-siap untuk longmarch di depan Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kamis (03/12).

Bumi Siliwangi, isolapos.com– Melalui peringatan Hari Internasional Penyandang Disabilitas (HIPENDIS) yang jatuh pada tanggal 3 Desember, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Khusus (PKh) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar gerakan UPI Inklusi.

Gerakan ini dimulai dengan acara pematerian dan longmarch yang berlangsung dari pukul 09.00 tadi pagi di gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UPI. Ketua Pelaksana Sosialisasi Hari Internasional Penyandang Disabilitas, I Ketut Suliarta mengatakan gerakan ini dimulai dengan sosialisasi tentang HIPENDIS dan dilanjutkan dengan Longmarch. Dalam acara ini pula, mahasiswa penyandang disabilitas di UPI berkesempatan untuk menyampaikan aspirasinya mengenai aksesibilitas di fakultas masing-masing.“Longmarch jalan santai, temanya sosialisasi UPI Inklusi,” ujarnya kepada isolapos.com, Kamis (03/12).

Ketut juga menambahkan, sosialisasi ini bermaksud untuk menarik masa di wilayah kampus UPI dalam pengenalan inklusi dan memberikan wawasan tentang HIPENDIS. Adapun inklusi yang dimaksud adalah penyamarataan hak dalam segala bidang dan pengakomodasian bagi para penyandang disabilitas.

Para peserta longmarch tersebut rencananya akan menyinggahi masing-masing fakultas di UPI, gedung perpustakaan, dan taman Partere. Acara ini pun turut mengundang  dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Ahman, perwakilan setiap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari seluruh himpunan mahasiswa, serta para mahasiswa UPI yang ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menanggapi hal itu, seorang peserta longmarch yang juga mahasiswa PKh, Salma Hanida turut mengapresiasi gerakan UPI Inklusi. Menurutnya, UPI perlu menjadi pelopor atas gerakan tersebut.“ Jadi ini mengimplementasikan UPI Inklusi, supaya UPI jadi pelopornya,” tuturnya. [Irma K]

Comments

comments