ASAS Ajak Warga UPI Apresiasi Literasi

0
Peserta Konser Apresiasi Literasi saat membacakan puisi, di Gd. Geugeut-Winda (PKM), Jumat (22/01).
Peserta Konser Apresiasi Literasi saat membacakan puisi, di Gd. Geugeut-Winda (PKM), Jumat (22/01).

Oleh : Indah Ristiani

Bumi Siliwangi, isolapos.com – Dalam upaya menampilkan keragaman literasi sastra di Indonesia, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Arena Studi Apresiasi Sastra (ASAS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar Konser Apresiasi Literasi. Acara yang menghadirkan berbagai penampilan seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dan dramatisasi puisi ini berlangsung di gedung PKM (Geugeut Winda), Jumat (22/1).

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Mustafa Reiza R S, apresiasi literasi merupakan pembelajaran untuk melatih kepekaan sosial. Untuk itu, budaya apresiasi literasi ini perlu dijaga, salah satunya dengan membaca. “Yang penting mau baca dulu, karena melalui membaca sastra kita akan mengerti banyak hal, budaya, peka kepada lingkungan, keadaan sosial, sesama manusia,” ujarnya.

Namun, ia menyayangkan, apresiasi warga UPI terhadap kegiatan bernuansa sastra seperti ini sudah mulai luntur.”Ketika dihadirkan apresiasi seperti ini, ya ternyata memang sangat sedikit, apalagi berbau sastra,” ungkapnya kepada isolapos.com.

Menanggapi hal itu, mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Tia Rustiawati mengatakan apresiasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Setiap orang yang hadir dalam konser ini pun memiliki perannya masing-masing. “Apresiasi itu luas bentuknya. Kayak yang tampil, itu pun termasuk apresiasi. Semua yang di sini bisa disebut lagi mengapresiasi,” tuturnya.

Selain menampilkan puisi, dalam konser ini juga terdapat penggalangan donasi untuk ekspedisi literasi Asia Tenggara yang akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang. Dalam waktu terdekat ini, ASAS diundang Malaysia untuk menjadi pemateri dan mengapresiasi sastra di sana.

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com