Karena Semua Anak Luar Biasa

0
Siswa-siswa Sekolah Dasar Hikmah Teladan, sedang bermain di halaman sekolahnya.
Siswa-siswa Sekolah Dasar Hikmah Teladan, sedang bermain di halaman sekolahnya.

Oleh: Faika Muhammad Aulia

Cimindi, Isolapos.com-

“Kita memandang semua anak luar biasa, tinggal bagaimana kita (pihak sekolah,-red) mematangkan, mengarahkan, dan membina siswa,” ucap Kepala Sekolah SD Hikmah Teladan (SDHT), Andry Friyady, Kamis (21/01). Sebagai salah satu sekolah inklusi di Kota Cimahi, SDHT menerima murid dari berbagai macam latar belakang kondisi siswa, bahkan siswa berkebutuhan khusus.

Andry mengatakan, menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan yang dikategorikan normal merupakan hal penting. Bagi Andry, perbedaan justru merupakan salah satu sumber untuk belajar. “Kalau semua siswa seragam, lalu pelajaran  apa yang bisa diambil?,” ucapnya.

Friska Berliana, salah satu orang tua siswa kelas 3 SDHT memandang positif hal ini. Ia memandang penyatuan siswa yang khusus dan tidak adalah langkah yang baik. Dengan cara ini, semua siswa dapat memperoleh pembelajaran tentang cara bersyukur kepada Tuhan. “Dia (siswa-red) lebih mampu mengayomi dan memahami anak-anak yang berkebutuhan khusus, sangat banyak sekali hikmahnya,” ucap Friska.

Kagendra Abhasya salah seorang siswa kelas 3 SDHT yang biasa dipanggil Kage, mengaku sangat senang punya teman-teman yang beragam di SDHT. “Seneng, banyak temen yang aneh-aneh,” ucap Kage dengan lugu saat ditemui isolapos.com.

Di Jawa Barat, tidak semua sekolah menerapkan sistem inklusi. SDHT merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sistem inklusi.

 

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com