KSE UPI Buka Pendaftaran Beasiswa Angkatan Ketiga

309
Peserta sosialisai Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) memerhatikan presentasi dari Raden Fahry Faza, Ketua Paguyuban KSE UPI di Auditorium PKM, Kamis (17/03). Tahun ini merupakan penerimaan beasiswa KSE UPI angkatan kedua.
Peserta sosialisasi Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) memerhatikan presentasi dari Raden Fahry Faza, Ketua Paguyuban KSE UPI di Auditorium PKM, Kamis (17/03). Tahun ini merupakan penerimaan beasiswa KSE UPI angkatan kedua.

Oleh: Pathan Ismail

Bumi Siliwangi, isolapos.com- Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) UPI mengadakan roadshow ketiga beasiswa Karya Salemba Empat  di Auditorium Gedung Geugeut Winda UPI, Kamis (17/03). Selain membahas seputar beasiswa KSE, acara yang berlangsung sejak pukul 16:00 WIB ini juga memperkenalkan Yayasan Karya Salemba Empat sebagai fasilitator beasiswa bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam permasalahan finansial.

Hingga saat ini, terdapat berbagai perusahaan swasta yang menjalin kerjasama dengan Yayasan KSE dalam memberikan beasiswa. “Beasiswa ini diberikan oleh swasta, diantaranya beberapa perusahaan besar seperti Indofood, XL, SCTV, BPJS, BNI, dll,” ucap Raden Fahry Faza, Pemateri sekaligus Ketua Paguyuban KSE UPI.

Rangkaian pendaftaran beasiswa KSE ini dimulai dengan sosialisasi dilanjutkan dengan Registrasi online sesuai dengan jadwal perguruan tinggi terkait lalu pengumpulan dokumen (15 Maret – 15 April 2016). Selanjutnya akan dilaksanakan tiga tahap seleksi dokumen dan interview hingga akhirnya pengumuman penerima yang  dapat dilihat selengkapnya di www.karyasalemba4.org

Selain itu, ada juga beasiswa unggulan KSE yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa KSE “kalau untuk beasiswa unggul itu, kalau dijumlahin kita dapat Rp1.200.000,/Bulan,“ tambahnya. Berbeda dengan beasiswa regular yang mendapat Rp600.000,-/Bulan.

Roadshow KSE ini juga berfungsi untuk menyosialisasikan Beasiswa KSE kepada mahasiswa. Sekaligus mengajak mahasiswa untuk mengikuti Paguyuban KSE UPI. “Setiap mahasiswa yang mendapat beasiswa akan secara otomatis ikut paguyuban,” tegas Fahry. Hal tersebut karena Paguyuban ini berfungsi sebagai panyalur dan juga pembimbing beasiswa kepada penerima beasiswa selanjutnya.

Herdiansyah, salah satu penerima Beasiswa KSE dari Departemen Ilmu Komunikasi menuturkan, terdapat berbagai kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan Paguyuban KSE. Diantaranya Sinus (Rumah Belajar), Bakti Sosial, dan juga seminar.

“Sinus sasarannya siswa kelas 3 yang mau ujian Nasional atau yang mau sbmptn, jika lulus PTN (Perguruan Tinggi Negri) bisa diajukan KSE,” ucapnya. Sinus ini telah dilakukan ke 2 sma yang ada di Bandung. Dan setiap paguyuban memiliki sasaran SMA yang berbeda. “ITB dan UNPAD juga punya Rumah Belajar,” ucapnya. “Peserta yang telah mengikuti Sinus KSE UPI sudah ada 37 murid,” tambahnya.

Herdiansyah menambahkan, kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung rutin dan berlanjut, juga mendapatkan pengawasan dari Yayasan KSE di Jakarta. Pengawasan tersebut bersifat ketat karena setiap penerima beasiswa juga diawasi dan apabila mereka tidak aktif, maka terancam akan ditarik beasiswanya. []

Comments

comments