Orang Tua Harus Mandiri dalam Memilih Tayangan

120
Budhi Purnama dari Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) ketika menghadiri Bincang Isola "Mendidik TV" di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional UPI, Rabu (30/3).
Budhi Purnama dari Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) ketika menghadiri Bincang Isola “Mendidik TV” di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional UPI, Rabu (30/3).  Budhi memaparkan, seharusnya orang tua menjalankan fungsinya sebagai pengontrol waktu menonton televisi untuk anaknya. (isolapos.com/Pathan Ismail)

Oleh: Nurul Yunita

Bumi Siliwangi, Isolapos.com

Bincang Isola kembali digelar oleh Unit Pers Mahasiswa (UPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan tema ‘Mendidik Televisi’. Menurut Budhi Purnama selaku Anggota Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) Kota Bandung bahwa orang tua harus memiliki kemandirian dalam pemilihan acara televisi yang tepat bagi anak. “Jangan menggantungkan diri terhadap pemerintah,” tegas Budhi saat ditemui Isolapos.com di Teater Terbuka Museum Pendidikan Nasional UPI, Rabu (30/3).

Budhi memaparkan, seharusnya orang tua menjalankan fungsinya sebagai pengontrol waktu menonton televisi untuk anaknya.  Fenomena yang terjadi saat ini orang tua justru mengajak anaknya untuk nonton bersama  acara televisi yang kurang mendidik. Bahkan, ada orang tua yang lepas kontrol saat anaknya sedang menonton, orang tuanya tidur dan anaknya ditinggalkan untuk menonton televisi tanpa didampingi orang tua. Budhi menjelaskan bahwa hal itu juga dipengaruhi pola pikir orang tua terhadap siaran televisi.  “Dengan pendidikan orang tua yang rendah pola pikir mereka terhadap siaran televisi pun kurang dikontrol,” ucapnya.

Pengawasan terhadap anak dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah diantaranya dengan membuat jadwal menonton televisi bagi anak sesuai dengan usianya. Selanjutnya, orang tua harus menaruh televisi di tempat yang mudah diawasi. Menurutnya, dengan menaruh televisi di kamar anak bukan hal yang baik. Bisa saja Anak  akan lebih banyak menonton televisi dari pada belajar di dalam kamarnya. “Siapa yang mau ngawasin kalau ditaruh di kamar,” ujar Budhi yang berprofesi sebagai salah satu pengajar di SMP.

Hal yang tak kalah penting, tutur Budhi, orang tua harus memberi kegiatan yang bermanfaat bagi anak supaya anak tidak ada kegiatan tidak kecanduan televisi. Orang tua harus pandai-pandai memilih kegiatan yang bermanfaat yang cocok untuk anak. “Gausah mahal, yang gratis aja, misalnya media daur ulang kertas,” ujar ibu dari 3 anak ini. []

Redaktur: Restu Puteri

Comments

comments