KKN UPI Kecamatan Pagaden Barat Beri Pelatihan Posdaya

0

Oleh: Faika Muhammad A

Bendungan, isolapos.com

Kantor Kecamatan Pagaden Barat terlihat sibuk hari Kamis (28/7) akhir bulan Juli ini. Pasalnya, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia (KKN UPI) melaksanakan pelantikan dan pembekalan posdaya tingkat Kecamatan Pagaden Barat. Kendati tak diberi uang sepersenpun oleh pihak kampus, acara tersebut tetap terlaksana melalui dana sukarela mahasiswa. “Alhamdulillah sukses. Selain kita melantik anggota, kita juga memberi pembekalan mengenai posdaya,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Fauzi, Mahasiswa Pendidikan Khusus 2013.

Nani, ketua posdaya Flamboyan hadir sebagai pemateri. Dalam penyampaian materi, ia memberikan beberapa contoh hasil posdaya dan juga materi-materi yang ada didalam posdaya. “Misalnya, ada bina keluarga lansia, remaja dan lain sebagainya. Banyak manfaatnya,” ucap Nani.

Lebih lanjut, ibu yang berdomisili di Kabupaten Bandung Barat ini memberikan contoh kegiatan dan suka duka membentuk posdaya. “Semisal kegiatan posdaya, kalau ada buku bekas (pelajaran sekolah,-red) , daripada dijual, lebih baik diberikan ke posdaya, terus kita buat perpustakaan, di halaman warga aja,” papar Nani.

Selanjutnya, Nani menyatakan, posdaya-posdaya ini nantinya menjadi rendezvouz atau pertemuan rutin sebagai bentuk kegiatan masyarakat. Ia memberi contoh adanya kegiatan yang dibiayai oleh posdaya dan juga diberi pengarahan. “Ada juga yang kita beri pinjaman modal, Alhamdulillah bisa berkembang usahanya. Saya lihat juga Subang punya potensi bagus, saya yakin pasti bisa sama bagus sama flamboyan,” ungkap Nani menutup pematerian.

Asep Warman, ketua posdaya Margahayu, Desa Margahayu menyatakan sangat terinspirasi dengan acara pelantikan dan pembekalan ini. Dia berharap, jika ada lagi KKN tahun depan dari UPI, acara ini terus berkelanjutan. “Ya ada kurangnya sana-sini sih, tapi bagus acaranya, berguna buat kita, semoga ada lagi kalau dari UPI, ya ada lagi penyuluhan kayak gini,” pungkasnya. []

Redaktur:

Nurul Yunita

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com