Komunitas Anti Hoax Ajak Masyarakat Melek Internet

0

Oleh: Syawahidul Haq

Bandung, isolapos.com- Berawal dari penyebaran kabar sesat (hoax) yang kian marak di era informasi ini, ternyata mendorong sebagian masyarakat yang melek literasi berinisiasi membentuk sebuah gerakan anti hoax. Seperti halnya organisasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dari Jakarta yang mengajak masyarakat di lima kota besar Indonesia untuk membuat deklarasi anti hoax.

Tak ketinggalan di Bandung, Indonesian Hoax Busters (IHB) ikut memprakarsai gerakan dalam memerangi hoax dengan membuat piagam anti hoax awal Januari lalu. “Piagam anti hoax sendiri, di Bandung ditandatangani oleh pak Ridwan Kamil,” ucap Citra Pratiwi, pimpinan IHB, saat ditemui dalam diskusi di PT. Urbane Bandung, Kamis (9/2).

Citra yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga mengatakan, terbentuknya komunitas IHB tak lain ingin menjadikan Bandung sebagai kota anti hoax. “Pas kemaren isu yang di DKI, ini imbas ke Bandung berat juga,” katanya. “Itu efek yang dari Jakarta, orang Bandung ikut-ikutan rame.”

Pada akhir percakapan, Citra, ibu satu anak itu berharap, adanya komunitas IHB Bandung dapat membawa pengaruh positif bagi masyarakat. Juga menjadi wadah berbagi untuk mendiskusikan perihal informasi yang menjurus pada hoax.

“Kami, ingin membuat lagi internet itu lebih kondusif. Kami ingin mengajak masyarakat; terutama netizen di Indonesia untuk lebih bijak, berinternet cerdas dan berinternet sehat. Karena dari situ, kita bisa tahu mana yang harus dibagikan mana yang tidak,” pungkasnya.[]

Redaktur: Prita K. Pribadi

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com