Wakili Indonesia, Mahasiswa UPI Raih Perunggu di Ajang Internasional

0

Oleh: Mahendra Eka Putra*

*) Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2014

Kuala Lumpur, isolapos.com– Tanggal 11 hingga 13 Mei lalu, telah dihelat acara puncak World Young Inventors Exhibition (WYIE)  dan Imaging & Technology Education Exposition (ITEX) di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC). Acara ini diadakan oleh Malaysian Invention and Design Society (MINDS), yakni acara tahunan yang mengapresiasi inovasi dari para penemu muda se-Benua Asia dan Eropa, salah satunya Indonesia.

Tahun ini, Indonesia mengirimkan 27 tim yang 2 diantaranya tim Mahasiswa UPI. Tim pertama mengikuti ajang WYIE yang beranggotakan Rizky Wirayuda (Pendidikan Manajemen Bisnis 2015), Vira Devi Andria (Pendidikan Akuntansi 2014) dan Kamaludin Hafidz (Pendidikan Manajemen Bisnis 2015). Sedangkan tim kedua mengikuti ajang ITEX yang beranggotakan Eka Indah Cahyaning Thyas (Biologi 2014), Silmi Qurrotu Aini (Biologi 2014), dan Amalia Heryani (Biologi 2015).

Kedua tim ini berhasil meraih medali perunggu lewat masing-masing inovasinya. Khusus untuk tim kedua, tim ini juga mendapatkan special award sebagai inovasi terbaik menurut International Intellectual Property Network Forum (IIPNF) Taiwan. Hal itu berhasil diraih setelah bersaing dengan ribuan inovasi dari negara Malaysia, China, Taiwan, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Saudi Arabia, Mesir, dan beberapa negara Asia lainnya.

Vira, salah satu peserta WYIE mengatakan bahwa ajang ini sebagai sarana untuk merealisasikan ragam inovasi karya anak bangsa. “Kami berharap kedepannya ide ini dapat direalisasikan setelah melihat begitu luar biasanya antusiasme mereka atas ide-ide kita,” katanya saat diwawancarai, Selasa (16/5). Senada dengan Vira, Eka juga berharap ide mereka dapat dikembangkan sehingga akan mengharumkan nama UPI dan Indonesia.

Selain tim dari UPI, tim Indonesia lainnya berhasil meraih penghargaan 6 emas, salah satunya  tim IPB. Sedangkan tim UNAIR berhasil meraih medali perak.[]

Redaktur: Prita K. Pribadi

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com