Upaya Mendorong Kesadaran Politik Lewat Adpend Mengkaji

12

Oleh: Benny Jonathan Sinurat

Bumi Siliwangi, isolapos.comKamis (1/3) BEM Himpunan Mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan (BEM HMD Adpend) mengadakan kegiatan Adpend Mengkaji dengan tema “Politic, Why Is It Matters for The Youth?”. Kajian ini diadakan di ruang Bookstore, gedung FIP lantai 3.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari divisi sosial politik BEM HMD Adpend. Kegiatan ini menghadirkan pembicara diantaranya Suharti, Staff Divisi Teknisi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Bandung; Khoiri Setiawan, Staff Jaringan UKSK UPI dan Ahmad Thariq, Kepala Biro Litbang UKSK UPI.

Di sela-sela pematerian, Suharti menjelaskan peran generasi muda dalam pembinaan politik bangsa dan keterlibatan pemuda dalam pesta demokrasi di Indonesia, khususnya dalam Pilkada serentak tahun 2018. Sementara Khoiri dan Ahmad Thariq menjelaskan tentang dasar-dasar politik, perbedaan politik kritis dengan politik praktis, dan kondisi politik kampus.

“Politik bagi saya tidak hanya sekadar apa yang terdapat atau sekadar kotak suara saja. Karena politik ini lebih luas jangkauan atau spektrumnya,yang itu juga mencakup bagaimana praktik-praktik pemerintahan yang hari ini banyak berdampak ke rakyat,” ujar Thariq, sapaan akrab dari Ahmad Thariq.

Nazar, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, daya minat kajian isu politik di lingkungan FIP masih rendah. “Ingin mengenalkan apa itu politik, sehingga mereka (mahasiswa, —red) tertarik membahas isu politik kedepannya,” ujar Nazar saat ditemui reporter isolapos.com saat kegiatan usai.

Nazar berharap kegiatan ini mampu mendorong kesadaran mahasiswa, khususnya di Departemen Administrasi Pendidikan. “Jadi tidak apatis terhadap hal-hal ini, karena politik itu asik tidak berat,” tambah Nazar.

Sementara itu, Israfil, salah satu peserta dari Universitas Negeri Makassar mengatakan kegiatan ini sangat penting. “Politik itu memang penting untuk kita kaji sebagaimana 4 pilar bangsa, salah satunya pilar demokrasi yang ada di Indonesia.”[]

Comments

comments