Polemik Larangan Kegiatan Satu Semester di UGM

310

Oleh: Zaki Annasyath

Yogyakarta, isolapos.com— Regulasi baru yang dikeluarkan oleh rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) mengenai mobilisasi massa menuai pertanyaan bagi mahasiswanya. Peraturan tersebut berisikan pelarangan aktivitas orientasi selama satu semester. Hal itu mendorong mahasiswa UGM menggelar audiensi dengan pihak rektorat di Hall Gelanggang UGM, Rabu (16/5) lalu.

Pihak kampus mengkhawatirkan mobilisasi massa ini yang berujung pada perpoloncoan, biaya, waktu, doktrinasi paham radikal dan pendataan. Sehingga Fathir, Ketua BEM Fakultas Teknik, mengingatkan agar mahasiswa lain bertindak adil jika akan memperjuangkan mobilisasi massa ini. “Harus bisa menjawab kekhawatiran dari pihak kampus.”

Menurut Fathir, audensi ini diadakan karena peraturan tersebut dianggap memiliki cakupan yang sangat luas. “Karena sangat luas ini jadi berbahaya” ujar Fathir ketua BEM Fakultas Teknik.

Sementara mahasiswa lain menyayangkan adanya kebijakan baru itu. “Disayangkan ketika kita ini tidak boleh mobilisasi massa padahal tidak negatif,” kata Hilman ketua BEM Fakultas Kehutanan.

Selain itu, regulasi ini membuat sebagian mahasiswa kesulitan dalam membantu mahasiswa baru. “Teman-teman di MIPA yang membuat grup advokasi dengan membagi contact person dilarang dan dipanggil,” ujar salah satu mahasiswa UGM saat hearing berlangsung.

Menanggapi berbagai keresahan mahasiswa, Panut Mulyono, Rektor UGM yang turut hadir dalam audensi ini menjelaskan, PPSMB sudah dirancang sebaik mungkin oleh pihak kampus. Sehingga setelah mengikuti PPSMB mereka akan mendapatkan pengetahuan baru.

Gagak Donny, Kepala Subdit Pengembangan Karakter Mahasiswa juga menambahkan, mahasiswa harus fokus setidaknya salam satu semester. “Satu tahun pertama menjadikan mahasiswa baru ‘menjadi UGM’, semester dua silahkan diberi kreativitas, semester tiga dan seterusnya mereka bisa berprestasi,” tegasnya.

Regulasi tersebut diedarkan secara resmi, tepatnya pada Pasal 22 ayat 2 yang berbunyi “Semua Unit Kerja di lingkungan Universitas dan organisasi kemahasiswaan tidak diperkenankan menyelenggarakan kegiatan orientasi maupun kegiatan sejenis sepanjang 1 (satu) semester yang sama pada saat PPSMB belangsung.”

PPSMB merupakan kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru yang dirancang oleh pihak kampus. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, yang terbagi menjadi; orientasi universitas selama 4 hari dan di fakultas selama 2 hari.[]

Redaktur: Muhamad Abdul Azis

Comments

comments