BFUB XXI, dari Event Hingga Mengenalkan Bahaya Sampah Plastik

123

Oleh: Rio Tirtayasa

Bumi Siliwangi, isolapos.com— Minggu (4/11), Himpunan Mahasiswa Biologi Formica (HMBF) FPMIPA UPI menyelenggaran Festival BFUB (Bakti Formica untuk Bangsa) XXI. Kegaiatan tersebut adalah puncak dari rangkaian BFUB XXI yang mengambil tema “Beauty Seas, Beat Plastic Pollution for Our Healthy Saes in the 21st Century”.

BFUB XXI ini dilaksanakan dari 1-4 November, setelah sebelumnya dilaksanakan seleksi wilayah pada 21 Oktober. Kegiatan-kegiatan di dalam BFUB XXI terdiri dari general event, education, dan art.

General event adalah acara umum, mulai dari Open Laboratorium, Donor Darah, Periksa Mata, dan Seminar Lingkungan. Sedangkan education adalah lomba-lomba yang terdiri dari OSa (Olimpiade Sains) untuk tingkat SD, OBi (Olimpiade Biologi) untuk SMP, LCTB (Lomba Cepat Tepat Biologi) untuk SMA, LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah) untuk SMA, dan Microteaching untuk mahasiswa umum.

Di bidang art adalah fotografi dan festival. Lalu ada Forest For Us, yaitu pentas seni khusus warga Biologi, lalu ditutup dengan Festival Musik (Biologigs Summer).

Nanda Dwi Yuniati, selaku Koordinator Festival BFUB XXI menyatakan bahwa sebenarnya BFUB adalah bakti HMBF untuk bangsa. “Kan lomba itu salah satu wadah kita untuk melihat dan mengapresiasi dari anak-anak sekolah yang berprestasi, jadi itu sebagai bentuk bakti kita dan untuk memajukan pendidikan Indonesia.” jelas Nanda.

“Harapannya, pertama untuk memajukan pendidikan di Indonesia, kalo dengan lomba-lomba pasti pesertanya juga semangat untuk belajar dan maju. Untuk mahasiswa biar lebih peka terhadap lingkungannya, dan peka gimana kondisi pendidikan saat ini.” tambah koordinator festival BFUB XXI tersebut.

Terkait mengenai permasalahan sampah plastik yang ada di tema besar, Nanda menjelaskan dalam upaya mengurangi sampah plastik, selama kegiatan BFUB XXI tidak menggunakan atau membawa minuman kemasan dalam botol plastik.

“Kita (HMBF -red) menggantinya dengan tumblr minum sendiri serta menyediakan beberapa dispenser galonnya untuk merefill isi tumblr minum tersebut. Selain itu kami juga memanfaatkan sampah bungkus kopi dan botol-botol plastik yang kemudian dijadikan dekorasi.” tambahnya.

Terakhir, Nanda mengatakan salah satu bentuk upaya penyadaran kepada masyarakat dan mahasiswa adalah penyebaran video tentang bahaya sampah plastik. “Untuk penyadarannya kita baru kampanye-kampanye lewat pemutaran video tentang bahaya sampah plastik jika sampai ke laut.”

Redaktur: Muhamad Abdul Azis

Comments

comments