HMG Adakan Kegiatan Geosac 2019

130

Oleh: Muhammad Wildan Al Gifari

Bumi Siliwangi, isolapos.com Himpunan Mahasiswa Geografi (HMG) FPIPS UPI menyelenggarakan ASEAN Geosmart Competition (Geosac) 2019. Kompetisi tahunan ini dilaksanakan pada 13-14 Februari, dan mengambil tema “Peranan Geospasial dalam Optimalisasi Pembangunan Berkelanjutan”.

Berna Filki Sadudi sebagai Ketua Pelaksana, mengatakan tema tahun ini dipilih mengingat pembangunan berkelanjutan merupakan topik yang sedang hangat diperbincangkan berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau target pembangunan berkelanjutan yang dipublikasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). “Geospasial atau ilmu geografi memiliki peranan penting dimana pembangunan dilakukan,” ujarnya.

Geosac 2019 diikuti oleh 200 finalis yang terbagi ke dalam beberapa kegiatan. Untuk kategori siswa, diadakan Video Competition dan olimpiade tulis di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Achmad Sanusi dan dilanjutkan dengan Geo-trek yang diadakan di Gunung Batu, Lembang. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) diselenggarakan untuk kategori mahasiswa, dan guru mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan guru di gedung FPIPS yang dilanjutkan Geo-trek di Gunung Putri, Lembang.

Salsabila Normalitha, peserta dari SMAN 3 Kabupaten Tangerang, mengaku mendapat banyak pengalaman dan ilmu dari kegiatan Geosac 2019. “Alhamdulillah, kita belajar banyak hal mulai dari ilmu pengetahuan juga pengalaman yang belum tentu orang lain bisa dapet,” jelasnya. Khairul Nizam, peserta mahasiswa dari Universitas Negeri Padang, mengaku bangga dapat mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat bangga dan juga mendapatkan banyak ilmu. Semoga acara ini dapat lebih baik daripada hari ini,” tegasnya.[]

Redaktur: Muhamad Abdul Azis

Comments

comments