Mahasiswa UPI Ikut Kontes Mobil Tingkat Asia

27

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Dua tim mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mengikuti ajang rancang mobil berbahan bakar hemat energi yang bernama Shell Eco-Marathon (SEM) 2012, di Sirkuit Sepang, Malaysia, 4-7 Juli 2012 mendatang.

Keikutsertaan kontingen UPI ini merupakan kali pertama, setelah 3 tahun kompetisi ini dilaksanakan. “Ini yang pertama dan merupakan kebanggan tersendiri bagi kita,” ungkap dosen pembimbing tim UPI, Sriyono saat ditemui tim isolapos.com, Jumat (8/6).

Sebelum akhirnya resmi mengikuti ajang ini, tim UPI sudah terlebih dahulu lulus dalam penilaian proposal dan administrasi. Penilaian tersebut diseleksi langsung oleh pihak Shell sejak September tahun lalu. “Persiapan utamanya pada 5 bulan terakhir ini,” ujar Sriyono.

Kompetisi tingkat Asia ini membawa 18 tim yang berasal dari 9 perguruan tinggi di Indonesia. Tim UPI yang menjadi salah satunya mengikuti dua kategori kompetisi. Pertama adalah mobil beroda empat dengan urban concept, dan kedua ialah mobil beroda tiga dengan prototype concept alias rancangan mobil masa depan. Mobil itu dinamakan Tumang dan Sangkuriang Medal.

Selain untuk menyalurkan keahlian, khususnya pada bidang teknik mesin, tim UPI yang mengikuti ajang SEM tersebut juga mengungkapkan rasa antusisme mereka dalam menginformasikan tema yang diusung Shell, yaitu efisiensi bahan bakar. “Kita sebagai mahasiswa otomotif juga ingin sekaligus mengkampanyekan bahwa energi itu perlu dihemat,” ucap Adi Guntari, salah satu peserta dari jurusan teknik mesin angkatan 2009.

Mobil rancangan kedua tim UPI ini dijadwalkan akan tiba di Sirkuit Sepang, Malaysia, sebelum tanggal 19 juni, untuk kemudian mengikuti prosedur selanjutnya hingga penilaian tahap akhir. [Citra Amalia]

Comments

comments