Shelton Festival, Output Sebuah Teori

163

Oleh Irma K.

Bumi Siliwangi, isolapos.com- Diprakarsai mata kuliah Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Islam, Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (IEKI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) angkatan 2014 mengadakan Sharia Explore Creation Festival (Shelton Festival) 2016 di Gedung Balai Pertemuan Umum UPI. Acara tersebut menghadirkan 7 kegiatan inti yaitu Creative Preneur Corner, Music Perfomance, Stand Up Comedy, Lembaga Keuangan Islam Expo, FoodTruck Festival, Bazzar & Live Accoustic, Donor Darah & Charity yang akan disumbangkan ke Rumah Yatim, Panti Asuhan, Marbot Masjid, dan Tukang Sampah.

Lena Nuryanti Selaku dosen pengampu mata kuliah Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Islam mengatakan bahwa perkuliahan bukan hanya tentang nilai di atas hitam putih dan belajar tentang teori dan konsep saja. Melainkan mahasiswa diharapkan mampu mengimplikasikan nilai-nilai perkuliahan untuk membentuk karakternya. Untuk itu, Lena menambahkan, perlu digunakan metode experimental learning atau pembelajaran melalui pengalaman secara langsung oleh mahasiswa. “Sehingga kita dari teori-teori yang kita dapatkan di kelas, kita mendapatkan pengalaman dari para pemateri-pemateri yang sukses.” tuturnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu (11/05) tersebut merupakan charity event bermisi sosial yang dimeriahkan oleh sejumlah pemateri dan bintang tamu yaitu Pidi Baiq, Gilang Bhaskara, Jodi Janitra, Ucay “ex vocalist Rocket Rockers”, Ust. Abu Rabbani, Abdul Majid Al Zindani “Alzin”, Hebbie Agus Kurnia, D’tasemen 69, StandUp Indo BDG, dll.

Faidh Nasr, ketua panitia Shelton Festival menyatakan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00-17.00 WIB tersebut merupakan hasil kerja keras panitia yang seluruhnya adalah mahasiswa IEKI 2014 selama sebulan. Faidh melanjutkan bahwa kegiatan itu dikatakan sukses berkat pembentukan panitia yang solid bukan hanya dari konten acaranya. “Jadi aku lebih pengen nyiptain kepanitiaan yang berhasil dari pada acara yang berhasil. Karena kalo anggota-anggota panitia udah mau, udah ikhlas, acara pasti berhasil,” tutur Faidh.

Irma Wati, salah satu peserta dari luar UPI menyatakan ketertarikannya akan acara ini karena bintang tamu yang dihadirkan, yaitu Pidi Baiq. “Ya tadi terkesan juga sama bazarnya yang menggunakan prosedur unik dan beda dari yang lain karna pakai voucher. Dan guest star-nya juga bagus, ada Pidi Baiq,” ungkapnya.

Comments

comments