Dana Bidik Misi Belum Cair, Mahasiswa Resah

56
Ilustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Sejumlah mahasiswa penerima Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kuota tambahan angkatan 2012 merasa resah. Pasalnya, kuota pertama penerima dana Bidik Misi sebanyak 600 orang sudah dicairkan pada bulan November ini. Namun, lain halnya dengan mereka yang berasal dari kuota tambahan sebanyak 458 yang hingga saat ini belum juga cair.

Salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang termasuk dalam kuota tambahan Bidik Misi, Muhammad Ali, merasa kecewa dengan keterlambatan ini. Ia mengaku sering mendatangi Direktorat Akademik untuk meminta konfirmasi pencairan dana Bidik Misi. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dari universitas. “Saya tiap hari ngecek ke Direktorat Akademik tapi belum cair juga,” kata Ali saat ditemui isolapos.com, Jumat (30/11).

Sama halnya dengan Ali, mahasiswa Jurusan Psikologi, Dhian Ningrum, juga tak sabar menunggu dana Bidik Misi segera cair. Kini, Dhian harus bekerja sebagai guru privat Sekolah Dasar untuk menutupi kekurangan biaya hidupnya. “Sekarang sih masih bisa ditutupi dengan mengajar, tapi sayangnya lagi sepi permintaan,” keluhnya.

Menurut Dhian, seharusnya dana Bidik Misi ini cair pada bulan September lalu. Namun, hingga akhir  September dana tersebut belum juga Ia terima. “Kabar terakhir kemarin bulan November akan cair, namun sampai sekarang belum dapat juga,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, salah satu Staf Bendahara Pengguna Keuangan UPI, Eti Rohaeti, mengatakan bahwa keterlambatan dana Bidik Misi dikarenakan Surat Keputusan (SK) pencairan dana belum turun. Ia menambahkan, dana untuk kuota tambahan belum bisa dicairkan karena dana belum diterima dari pusat. “Untuk kuota tambahan ini dananya berasal dari APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan-red), namun sampai sekarang dana itu belum kami terima,” tutur Eti. [Eka Fauziyya Z].

Comments

comments