UKT UPI Belum Ada Kepastian

59
lustrasi

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

“Penetapan UKT masih menunggu SK Rektor,” ujar Direktur Direktorat Bidang Perencanaan dan Pengembangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Agus Setiabudhi, Senin (11/3).  Terkait hal itu menurut Agus, pihak UPI belum mempunyai  kejelasan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) karena menunggu pedoman UKT dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Agus tidak bisa banyak bicara tentang hal ini. Menurutnya, bukan kewenangannya lah untuk menjawab hal yang menyangkut kebijakan penerapan UKT dan penghapusan uang pangkal. “Saya tidak berhak menjawab,itu masalah kebijakan,” cetusnya.

Pemberlakuan UKT pun telah diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Jakarta. PTN tersebut sudah menghapuskan uang pangkal dan memberlakukan UKT pada tahun ajaran baru 2013/2014. Penerapan UKT tersebut sejalan dengan kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberikan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dua kali lipat dari BOPTN sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema) UPI Dudi Septiadi mengatakan bahwa pihaknya sedang mengkaji tentang hal ini. “Jika uang pangkal di hapus apakah biaya semester akan naik?” Dudi balik bertanya.

Dudi juga menambahkan bahwa pihaknya cenderung kurang setuju dengan pemberlakuan UKT di UPI. “UKT banyak negatifnya,” kata Dudi.  Dudi juga berharap jika pun akan di perlakukan UKT jangan sampai menyusahkan orangtua mahasiswa. “Kan tidak semua orangtua mahasiswa kaya,” ungkapya. [Noval Prahara Putra]

Comments

comments