Peringatan Hari Pendidikan Nasional Disambut Aksi

71
” Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) saat melewati Gedung Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni dalam aksi memperingati Hari Pendidikan Nasional, Jumat (2/5).

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diwarnai adanya demonstrasi dari puluhan mahasiswa. Tergabung dalam Aliansi mahasiswa UPI,  mereka menggelar aksi dari pelataran Gedung Geugeut-Winda Pusat Kegiatan Mahasiswa dan berakhir di pelataran Gedung Isola, Jumat (02/05).

Hal yang menjadi sorotan mereka ialah mahalnya biaya pendidikan di UPI. Disampaikan oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Mahasiswa UPI, Mochammad Vichi Fadhli Rachman, ia mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk nyata perlawanan mahasiwa terhadap komersialisasi pendidikan. “Utamanya masalah  pencuti paksaan mahasiwa yang disebabkan besarnya dana Uang Kuliah Tunggal,” katanya.

Sementara massa aksi meneriakkan dan membentangkan sejumlah tuntutan-tuntutannya di pelataran Gedung Isola, di dalam Gedung Isola, sepuluh perwakilan massa yang terdiri atas perwakilan setiap fakultas mengadakan audiensi dengan perwakilan universitas.

Dalam audiensi tersebut,  beberapa tuntutan disampaikannya kepada Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan, dan Hubungan Internasional, Aminudin Aziz, dan Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan, Syahidin.

Secara langsung tuntutan disampaikan oleh Korlap aksi, Vichi. Dengan nada menggebu Vichi menyampaikan tuntutannya kepada perwakilan universitas di antaranya tolak cuti paksa, nominal UKT yang harus diturunkan, transparansi unit cost UPI, fungsikan Bantuan Mahasiswa Tidak Mampu sebagai pemberian, tolak segala bentuk pungutan liar, tolak segala bentuk komersialisasi fasilitas. “Berikan kami kebebasan berekspresi, berpendapat, dan berorganisasi,” ucapnya. [Tatang Zaelani Tirtawijaya]

Comments

comments