UPI Terapkan Sistem Kontrak Kuliah Online

0

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Surat Edaran Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 3423/UN40/DT/2014

Berdasarkan surat edaran UPI No. 3129/UN40/DT/2014, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mulai menerapkan sistem kontrak kuliah online pada tahun ajaran 2014/2015. Kepala Divisi Layanan Akademik UPI, Liris Raspatiningrum memaparkan bahwa sistem kontrak kuliah online ini akan meminimalisir kesalahan kontrak mata kuliah manual oleh mahasiswa yang selalu terjadi dari tahun ke tahun. “Masalahnya mahasiswa sering tidak melakukan recheck sehingga banyak terjadi kesalahan, tapi jika online mereka akan melihat sendiri apa saja mata kuliah yang dikontrak dan siapa dosennya,” kata Liris, Mei 2014.

 Dalam edaran tersebut juga diatur mengenai proses perwalian secara online. Ini akan memudahkan proses bimbingan akademik antara mahasiswa dan dosen. Pembimbing Akademik (PA) juga dapat memantau mata kuliah yang dikontrak dan nilai akademis mahasiswanya melalui alamat laman sistem informasi perwalian online http://siak.upi.edu/perwalian/. Sementara laman http://siak.upi.edu/kontrak/ untuk mahasiswa. Tak hanya dosen PA, ketua jurusan juga dapat mengecek kontrak kuliah mahasiswanya melalui laman yang sama.

Selain itu, sistem baru ini dinilai akan menghemat biaya untuk penyediaan fasilitas saat mengontrak mata kuliah seperti Lembar Form Rencana Studi. Namun, sistem kontrak online ini tidak berlaku untuk mahasiswa jalur kerjasama dan dual mode. “Mahasiswa dual mode dan kerjasama tetap menggunakan jalur lama karena seringkali pelaksanaan registrasinya terlambat,” tambah Liris.

Menanggapi sistem baru tersebut, Ketua Departemen Pendidikan Seni Tari, Frahma Sekarningsih menilai sistem baru ini akan mendisiplinkan pelaksanaan kontrak mata kuliah di UPI. “Tentu, dengan kontrak mata kuliah online semua bisa mendisiplinkan diri,” ujarnya. Senada dengan Frahma, Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa, Dea Rahayu menyambut baik kabar tersebut. “Udah bagus, jadi waktu kita lebih efisien. Jadi kita bisa ngontrak mata kuliah tanpa ngejar dosen dan salah melingkari,” ujarnya [Karolina Ketaren]

Comments

comments

Leave A Reply

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com