Kuota Mahasiswa Baru UPI 2015 Meningkat

240
upload
Ilustrasi: Noval Prahara Putra

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Daya Tampung bagi mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2015 sebanyak 7213 mahasiswa. Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya menampung 7130 mahasiswa. Menurut Wakil Rektor UPI bidang Akademik, Pengembangan dan Hubungan Internasional, Aminudin Aziz, ketika akan dilakukan penentuan kuota bagi mahasiswa baru UPI, ada program studi yang menentukan daya tampung menjadi naik. Selain itu, ada juga yang mematok kuotanya tetap dan menurunkan daya tampungnya. “Tergantung program studinya,” ucap Aziz di ruangannya, Rabu (11/3).

Pembagian daya tampung setiap jalur dibagi dengan presentase 50% untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 30% untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 20 % untuk Seleksi Mandiri (SM). Melihat presentase tersebut dihasilkan kuota masing-masing jalur sebanyak 3517 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, 2161 untuk SBMPTN dan 1535 untuk SM.

Aziz berkata bahwa proses penentuan banyaknya daya tampung bagi setiap jurusan disesuaikan dengan usulan dari setiap Ketua Departemen di UPI. Kemudian dilanjutkan Fakultas oleh masing-masing Dekan dan Wakil Dekan bidang akademik. Hasilnya, kemudian diberikan kepada pihak rektorat untuk dijadikan bahan dalam rapat nantinya.

Kemudian Aziz menjelaskan bahwa dalam rapat bersama pimpinan khusus itu, jika ada usulan bahwa jumlah daya tampung akan berubah atau tidak kami akan membicarakannya. “Ditanya satu satu, apa iya program studinya menerima sekian?” tutur Aziz. Rapat tersebut dilaksanakan sebelum pihak pemerintah meminta datanya. Karena dalam penerimaan mahasiswa kecuali SM, universitas hanya bersifat pasif. [Restu Puteri]

Comments

comments