Memperkenalkan UPI Melalui UPI Fest

39

Oleh: Nabil Haqqillah

Bumi Siliwangi, Isolapos.com–Jumat (13/01), Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema) UPI menggelar acara UPI Fest di Taman Bareti UPI. Acara ini merupakan program kerja terakhir BEM Rema UPI dalam kepengurusan periode 2022 yang terdiri dari beberapa rangkaian acara. Salah satunya adalah Expo Campus yang berisi stand-stand fakultas untuk mengenalkan fakultasnya masing-masing. 

Muhammad Rievand Gieffari selaku Ketua Pelaksana UPI Fest mengatakan bahwa diadakannya Expo Campus pada acara UPI Fest ini bertujuan untuk mengenalkan program-program studi yang ada di UPI kepada siswa-siswi yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Diharapkan nanti ketika mereka masuk UPI, mereka tahu di UPI ada apa aja, sih, ada jurusan apa aja,” ujarnya pada tim Isolapos

Rievand mengaku ia dan panitia telah mempersiapkan acara ini sekitar 3-4 bulan. Dalam hal  penyebarluasan acara UPI Fest sendiri, Rievand mengatakan bahwa panitia mengirimkan surat-surat undangan dan pamflet ke sekolah-sekolah, Forum OSIS Jawa Barat, serta kepada alumni-alumni UPI. 

Adapun beberapa pelajar SMA/K yang berhasil tim Isolapos wawancarai, merasa sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Bagi mereka, kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mengenal lebih jauh UPI secara langsung. “Menarik menurut saya. Jadi kita bisa tanya langsung sama kakak tingkat kita. Soalnya kalau lihat di website itu kayak kurang dimengerti juga sama kitanya,” jelas Zaki salah satu siswa dari SMA Pasundan 1 kepada tim isolapos.com ketika diwawancarai. 

Para pelajar juga berharap untuk ke depannya penyebarluasan informasi terkait UPI Fest bisa lebih terorganisasi lagi agar lebih banyak siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengaku bahwa akibat penyebarluasan informasi yang belum maksimal, informasi terkait UPI Fest baru sampai kepada para siswa sehari sebelum acara berlangsung. 

Larasati, mahasiswa psikologi angkatan 2020, yang mengatakan bahwa ia mengapresiasi adanya acara ini. “Menurut aku, sih, bagus ya, ada acara ini, maksudnya bisa ngebantu mengenalkan UPI ke SMA-SMA di Kota Bandung, bahkan di luar kota,” jelasnya. Namun, ia menyayangkan sedikitnya siswa SMA/K yang datang ke acara expo, Meskipun demikian, ia berpendapat bahwa acara sudah terlihat matang.

Adapun acara Expo Campus kali ini diikuti oleh Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD), Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Kampus Daerah (Kamda) Tasikmalaya, dan Kamda Sumedang sebagai partisipan. Selain Expo Campus, UPI Fest juga terdapat acara Rumpaka Budaya dan Ekraf Fair. Rumpaka Budaya merupakan pementasan yang menampilkan penampilan kesenian dari mahasiswa UPI. Sedangkan Ekraf Fair merupakan kegiatan workshop dan mentoring terkait bidang ekonomi kreatif. Dalam rangkaian acara ini  juga terdapat talkshow serta acara Gala Dinner.

Redaktur: Razib Ikbal Alfaris

Comments

comments

You might also like