Mengenang Pendiri Jurusan Geografi

83

Bumi Siliwangi, IPO-

Himpunan Mahasiswa Geografi bekerja sama dengan Jantera mengadakan sebuah pameran kecil di gedung teropong barat. Pameran ini ditujukan untuk mengenang tokoh pendiri Jurusan Geografi, yaitu Prof. Dr. Soepardjo Adikusumo.“Di kalangan mahasiswa Geografi sendiri beliau tidak begitu populer. Maka kami mengadakan pameran ini agar mahasiswa mengetahui pendiri jurusannya,” tutur Gelar, salah seorang mahasiswa Geografi, saat ditemui oleh reporter Isola Pos Online di lokasi pameran pada Jum’at, 10 Juli 2009.

Acara pameran ini dimulai dari tanggal 8 Juli, sedangkan akhir dari pameran tidak dapat dipastikan. “Sampai puas saja, kalau sudah bosan ya ditutup”, jelas Gelar.
Di pameran ini dipajang benda-benda peninggalan Soepardjo berupa postcard, teropong foto-foto isola jaman dulu, kaset-kaset, dan berbagai macam buku.
Sosok tokoh pendiri Jurusan Geografi ini adalah mantan pejuang 45 di Surabaya. Soepardjo dilahirkan di Surabaya pada 25 Februari 1928. Setelah menamatkan pendidikan Doktornya di Utrecht, Belanda, beliau kembali ke Indonesia dan mendirikan Jurusan Geografi. Dengan gelarnya beliau dapat memperoleh pekerjaan dan proyek apapun, tapi beliau ingin mengabdikan diri dalam bidang pendidikan. Jabatan terakhirnya adalah sebagai Pembantu Dekan I FPS.

(Yuniar)

Comments

comments