Purno : Gerbang berpindah karena tak perpanjang peminjaman

49

Bumi Siliwangi, isolapos.com-

Pihak UPI telah memindahkan gerbang yang terletak di dekat Balai Pertemuan Umum menjadi di dekat jalan Gegerkalong menuju SD Isola.

Menurut Purno yang ditemui oleh pihak isolapos.com di ruang kerjanya, selasa (22/6), tujuan pemindahan gerbang  tersebut yaitu untuk menjaga keutuhan kampus UPI mengingat banyaknya pedagang kaki lima. Selain itu, juga demi menjaga ketertiban, kebersihan dan keamanan kampus UPI karena banyaknya pemulung yang masuk menggunakan roda pada malam hari.

“Sebenarnya, salah satu alasan untuk menjaga keutuhan kampus UPI tersebut, dikarenakan SD Isola telah meminjam tanah kepada pihak UPI. Menurut perjanjian peminjaman berakhir pada Agustus 2007, tapi pada kenyataannya sampai saat ini pihak SD Isola belum mengajukan perpanjangan,” tutur Purno

Purno mengatakan bahwa proses pemindahan gerbang tersebut berlangsung selama 4 – 5 hari dengan dana yang berasal dari universitas.

Menurut Purno, gerbang tersebut menimbulkan kontradiksi dikarenakan ditinjau dari dua pendekatan. Dari segi pendekatan aksesibilitas yaitu semakin banyak gerbang atau pintu, maka akan semakin bagus akses untuk menjangkau ke luar – masuk kampus. Namun, dari segi pendekatan security, semakin banyak pintu yang dibuka, maka akan semakin rawan keamanan kampus. “Pihak UPI telah menyerahkan masalah teknis pelaksanaan gerbang tersebut kepada pihak security,” ungkap Purno. Selain itu, lanjut Purno, juga menjelaskan bahwa hal ini berguna untuk keefektivan sistem keamanan di kampus UPI.

Purno berencana membuat parking system dan CCTV yang akan memuat potret pengemudi kendaraan bermotor. Namun, sistem ini hanya akan berlaku pada pintu gerbang utama (mobil) dan gerbang BNI dan poliklinik lama (FPTK) untuk kendaraan roda dua. “Untuk gerbang Balai Pertemuan Umum sementara tidak akan menggunakan sistem tersebut untuk tahun ini dikarenakan belum adanya anggaran,” tambahnya. [Fikri]

Comments

comments