UPI Menganugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa Kepada JK dan Popong

184

Bumi Siliwangi, isolapos.com-,

Jusuf Kalla (JK) dan Popong Otje Djundjunan raih gelar Doktor Honoris Causa di Gedung Balai Pertemuan (BPU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar acara Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Jusuf Kalla (JK) dan Popong Otje Djundjunan di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) UPI, Kamis (17/3). Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari civitas akademik UPI dan non UPI.

Dalam acara ini, JK menyampaikan pidato ilmiah mengenai kemajuan bangsa, pendidikan, dan kewirausahaan. “Semakin maju dan kuat ekonomi kita, semakin kita disegani bangsa-bangsa lain,” ujar JK dalam pidatonya.

Ia menambahkan bahwa hanya dengan kemajuan ekonomi yang mendorong kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan lainnya. “Kita bisa menyaksikan bahwa terdapat negara-negara yang kurang dihargai bahkan dipandang sebelah mata dalam pergaulan dunia,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan tentang peran universitas dalam meningkatkan kemajuan bangsa. “Universitas dan civitas akademika harus kembali memperkuat sikap keterbukaannya dan mengembangkan cara pandang positif terhadap pihak luar,” ujarnya.

Selain itu, Popong Otje Djundjunan juga menyampaikan pidatonya tentang pelestarian budaya Sunda sebagai upaya untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. “Untuk memelihara persatuan ini maka setiap suku bangsa harus mau dan mampu melestarikan budayanya masing-masing,” ujarnya.

Dalam pidatonya, ia mengaitkan dan mengerucutkan pelestarian budaya kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). “Sampai saat ini LPTK-LPTK di negara kita kondisinya masih jauh dari yang kita harapkan terutama sarana-sarana penunjangnya,” ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan gelar kepada JK dan Popong serta tanya jawab antara wartawan dengan kedua peraih gelar tersebut. [Fikri Fasha]

Comments

comments