KOMPOR Siap Cetak Generasi Melek Teknologi

96

Bumi Siliwangi, isolapos.com

Robot Isola hasil karya KOMPOR UPI yang dipamerkan dalam acara Basic Training V Sabtu (19/11).

Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomatisasi dan Robotika (KOMPOR) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), siap mencetak kembali generasi yang melek terhadap perkembangan teknologi. “Kami siap menciptakan kader-kader yang cepat tanggap dalam berbagai situasi dan siap membangkitkan semangat anggota KOMPOR,” ujar ketua pelaksana Basic Training V, Abdul Patonah, dalam acara pengkaderan perdana anggota muda KOMPOR, di Auditorium Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan UPI, Sabtu, (19/11).

Abdul mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan untuk menciptakan kader yang dapat membuat inovasi yang berguna bagi  masa depan. “Seperti yang terangkat dari kata KOMPOR sendiri yaitu menghangatkan,  memasakkan,  dan mematangkan sehingga  berkreatifitas, berinovasi dan produktif,” terang Abdul. Ia pun menjelaskan bahwa pada pengkaderan kali ini para anggota akan dibekali materi mulai dari teori-teori, pengabdian pada masyarakat, riset hingga dapat menciptakan produk terbaru.

Kinia, salah satu peserta Basic Training V, mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti pengkaderan tersebut. “Saya berharap bisa mengikuti semua rangkaian ini dengan baik dan bisa meningkatkan prestasi UPI agar lebihmelek teknologi,” ujarnya.

Salah satu produk terbaru KOMPOR, robot yang dinamakan Isola pun ikut dipamerkan dalam pembukaan acara tersebut. Abdul menjelaskan bahwa robot tersebut memiliki keunggulan bisa merangkai bunga dan berhasil masuk 8 besar Kontes Robot Indonesia pada bulan Juli 2011 di Yogyakarta. Selain itu, robot lainnya yang diberi nama Shiraru pun pernah meraih prestasi juara ketiga tingkat nasional dalam Kontes Robot Indonesia 2009. “Saya harap KOMPOR mampu mengulang sejarah (atau) lebih baik dari pada tahun 2009,” tutur Abdul. [Lia Anggraeni]

 

Comments

comments