Eddy Sundhayana: Koperasi di Indonesia Mulai Kehilangan Asasnya

97


Keempat Pengurus Dekopinwil Jabar tengah membuka acara Fasilitasi Kegiatan BIRO PIP Dalam Pengembangan Informasi Perkoperasian

Bandung, isolapos.com-

Ketua Bidang Advokasi dan Fasilitas Pusat data dan Informasi Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Barat, Eddy Sundhayana mengungkapkan bahwa koperasi di Indonesia mulai kehilangan asasnya. Hal tersebut disinggung dalam seminar yang bertema Pengembangan Informasi Perkoperasian di Hotel New Naripan Bandung, Rabu (25/01). “Pada kenyataannya, kita lebih sering mengiblat ke barat dalam hal ekonomi,” ujar Eddy.

Eddy menjelaskan bahwa kunci koperasi ialah suatu perilaku bekerja atau berusaha dengan kebersamaan dan terikat dengan ikatan kekeluargaan. Selain itu, didalamnya dibuat etika berupa anggaran dasar oleh yang membuat, memodalinya dan yang menggunakan jasanya. “Sekarang ini justru banyak pihak yang mengalami kebingungan akan kunci dari koperasi itu sendiri,” tuturnya.

Eddy mengatakan bahwa saat ini negara-negara seperti Israel, Jepang, Singapura, dan Malaysia sudah mulai menggunakan asas koperasi. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya kekuatan koperasi di dunia. Namun, keadaan di Indonesia saat ini justru menggambarkan bahwa asas koperasi mulai menghilang. “Sekarang ini koperasi lebih menuju kapitalisme,”ujarnya.

Senada dengan Eddy, Aep Ahmad Senjaya salah satu pemateri dalam acara tersebut, ikut menambahkan bukti mulai hilangnya asas koperasi di Indonesia. Ia menjelaskan, bahwa banyak peminjam modal yang tidak bertindak sebagai anggota koperasi. “Hal tersebut tidak sesuai dengan asas koperasi,” ujar Aep. [Citra Amalia]

Comments

comments